PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DENGAN METODE KUMON PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN DI SMAN-1 KRIAN

  • AJENG DEWI ARNIKA

Abstract

Usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran yang dapat menggali potensi diri sehingga peningkatan kualitas dapat terlaksana. Dalam pembelajaran terdapat model dan metode pembelajaran. Dalam penelitian ini, pembelajaran yang dilakukan menerapkan model pembelajaran langsung dan metode kumon.
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran langsung dengan metode kumon, aktivitas siswa saat berlangsungnya proses pembelajaran, hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran dan dilaksanakan di SMAN-1 Krian dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 dan guru matematika kelas XI IPA 6.
Hasil penelitiannya adalah pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru termasuk dalam kriteria baik yaitu dengan skor 3,03, aktivitas siswa yang dikehendaki selama proses pembelajaran selain kegiatan tidak relevan muncul dengan persentase 90,09% dengan aktivitas yang dominan adalah mendengarkan / memperhatikan penjelasan dari guru, hasil belajar siswa pada penelitian ini adalah dari 34 siswa terdapat 31 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. Secara klasikal siswa tuntas dengan persentase 91,18%, respon siswa terhadap pembelajaran ini adalah positif yaitu dari 34 siswa ada 75% yang menyatakan respon positif terhadap pembelajaran.
Kata kunci : model pembelajaran langsung, metode kumon

Published
2014-03-18
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 6071