ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR PADA PISA

  • RAHMAWATI NUR AINI

Abstract

Hasil studi PISA merupakan salah satu ukuran untuk melihat kemampuan pemecahan masalah. Selama ini siswa tidak terbiasa menyelesaikan masalah PISA termasuk masalah aljabar pada PISA. Sehingga perlu diketahui pemahamannya agar dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memberikan latihan soal-soal yang serupa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar pada PISA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Situbondo dengan rincian satu siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah tinggi, satu siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah sedang, dan satu siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah rendah. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah tes penyelesaian masalah aljabar pada PISA dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar pada PISA melakukan penalaran dan memberi alasan; merencanakan dan menuliskan terlebih dahulu cara/strategi yang akan digunakan; menggunakan operasi hitung serta pembulatan yang tepat namun tidak menggunakan simbol; menafsirkan suatu hasil atau model matematika ke dalam dunia nyata dan permasalahan aslinya; serta mengomunikasikan informasi, masalah, langkah-langkah, dan menarik kesimpulan dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah sedang melakukan penalaran dan memberi alasan; tidak merencanakan dan menuliskan terlebih dahulu cara/strategi yang akan digunakan; menggunakan operasi hitung serta pembulatan namun tidak menggunakan simbol; menafsirkan suatu hasil atau model matematika ke dalam dunia nyata dan permasalahan aslinya; serta mengomunikasikan informasi, masalah, langkah-langkah, serta menarik kesimpulan dalam menyelesaikan masalah, namun masih terjadi kesalahan ketika menerima informasi. Siswa dengan kemampuan penyelesaian masalah rendah siswa melakukan penalaran dan memberi alasan pada setiap langkahnya, namun penalaran yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh soal; tidak merencanakan dan menuliskan terlebih dahulu cara/strategi yang akan digunakan; menggunakan operasi hitung serta pembulatan namun tidak menggunakan simbol; tidak menafsirkan suatu hasil atau model matematika ke dalam dunia nyata dan permasalahan aslinya; serta siswa mengomunikasikan informasi, masalah, langkah-langkah, serta menarik kesimpulan, namun banyak kesalahan ketika menerima informasi dari pertanyaan yang diberikan sehingga terjadi kesalahan ketika menyelesaiakan masalah.
Kata Kunci: pemahaman, penyelesaian masalah aljabar, PISA.

Published
2014-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 296
PDF Downloads: 263