Modal Sosial Pengembang Perumahan Anggota APERNAS

  • DIEMAS SULTONIDZIKRI
  • ARIEF SUDRAJAT

Abstract

Abstrak

Angka backlog atau kekurangan akan perumahan ada pada angka 15 juta unit yang tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah. Hal itu membuat banyak pengembang kecil pendatang baru yang melihat peluang dari kondisi tersebut. Pengembang kecil itu sebelumnya menekuni bidang lain yang berbeda-beda seperti guru, kontraktor, pegawai swasta dan lain-lain. Kelemahan dari pengembang tersebut adalah tidak kuatnya modal finansial mereka yang membuat mereka menonjolkan cara lain agar bisa bertahan, seperti menggunakan modal sosial yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana developer memanfaatkan modal sosial yang dimiliki untuk bisnisnya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan modal sosial Robert Putnam. Hasil dari penelitian ini diketahui jaringan sosial dalam pekerjaan developer meliputi Pemilik lahan, pemerintah, perbankan, dan user, serta jaringan opsional lain. Jaringan dibungkus dengan trust kekerabatan, percaya diri dan berpenampilan baik, dan komitmen. Adapun Asosiasi Pengembang Rumah Sehat Sederhana Nasional (APERNAS) adalah sebagai pemberi nilai dan sanksi sebagai batasan developer dalam bekerja.

Kata Kunci : Pengembang Kecil, Modal Sosial, Kualitatif

Abstract

The backlog or lack of housing is 15 million units which cannot be met by the government. This makes many small newcomers who see opportunities from these conditions. The small developer previously pursued different fields such as teachers, contractors, private employees and others. The weakness of the developer is their lack of financial capital which makes them accentuate other ways to survive, such as using social capital they have. The purpose of this research is to find out how developers use social capital owned for their business.This study uses a qualitative method, Robert Putnams approach to social capital. The results of this study are social networks in developer work include landowners, government, banking, and users, as well as other optional networks. The network is wrapped in kinship trust, confidence and good looks, and commitment. The APERNAS is a provider of value and sanctions as a limitation for developers in working.

Keywords: Small Developer, Social Capital, Qualitative

Published
2018-09-20
How to Cite
SULTONIDZIKRI, D., & SUDRAJAT, A. (2018). Modal Sosial Pengembang Perumahan Anggota APERNAS. Paradigma, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/25585
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 41