Relasi Kekuatan Reviewer Wisata dalam Pemasaran Virtual

  • SITI EKA NUR KOMARIYAH
  • M. JACKY

Abstract

Fakta menarik bahwasanya review online saat ini menjadi komoditas yang bersifat komersialis. Sehingga banyak bermunculan situs website yang menampilkan review di berbagai bidang. Tidak terkecuali pada bidang pariwisata. Wisata Gunung Bromo merupakan objek wisata yang sudah go-internasional. Ironisnya tidak semua informasi wisata Gunung Bromo diberikan secara netral dalam review. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi relasi kekuatan reviewer wisata dalam dunia virtual. Serta menganalisis fenomena pemasaran virtual dalam ranah ilmu sosial. Penelitian ini mengunakan metode Online/Web 2.0 dengan prespektif analisis hacking. Data penelitian akan digali secara online (Online research methods[ORMs]). Hasil penelitian menunjukan adanya kekuasaan yang dibangun melalui statement,hastag, foto/gambar, Tag line, like, dan komentar. Jargon file yang diproduksi sebagai brand review adalah Ikon wisata JawaTimur, Golden Sunrise Indonesia, dan primadona wisata Jawa Timur. Sedangkan dinamika kekuatan pemas
Published
2019-07-16
How to Cite
EKA NUR KOMARIYAH, S., & JACKY, M. (2019). Relasi Kekuatan Reviewer Wisata dalam Pemasaran Virtual. Paradigma, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/29180
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 181