PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 NGAWI PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR

  • Juniar Fauziatul Azizah Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi perpindahan kalor yang diterapkan. Pre experimental design merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan rancangan penelitian One group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 6 Ngawi kelas VII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode angket motivasi belajar dan tes (pretest dan posttest) hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain Score. Dari hasil penelitian motivasi belajar dapat diketahui bahwa rata-rata pretest siswa mendapat skor sebesar 65,42% dengan kategori kuat dan rata-rata posttest siswa mendapat skor sebesar 84,41% dengan kategori sangat kuat. Untuk hasil belajar siswa pada pengetahuan juga dari pretest mendapat skor sebesar 49,68 dan hasil posttest sebesar 84,18. Peningkatan motivasi dikategorikan sedang pada frekuensi N-Gain Score sebanyak 100% dan hasil belajar siswa tersebut dikategorikan tinggi dengan frekuensi 50% dan katergori sedang sebanyak 46,4%.

Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, Motivasi, Hasil Belajar, Perpindahan Kalor
Published
2018-04-25
How to Cite
Azizah, J., & Sudibyo, E. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 NGAWI PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23060
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 145