KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • ANISA WARDA
  • ELOK SUDIBYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa setelah adanya pembelajaran model discovery learning pada sub materi pemanasan global. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-A SMPN 5 Bangkalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hal tersebut terlihat dari nilai signifikansi uji t-berpasangan sebesar 0,000 yang mempunyai arti bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan pembelajaran menggunakan discovery learning. Perbedaan tersebut terbukti dari hasil pretest dan posttest yang meningkat. Berdasarkan uji N-Gain peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71,1% berkategori tinggi. Hasil respon yang diberikan siswa sangat baik sebesar 96,20%, terhadap model discovery learning pada sub materi pemanasan global. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning pada sub materi pemanasan global dapat melatihkan keterampilan keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemanasan Global






Published
2018-07-09
How to Cite
WARDA, A., & SUDIBYO, E. (2018). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB MATERI PEMANASAN GLOBAL. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23900
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 2717