KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SALINITAS SALT WATER BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • ATIKA DEVY
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran Salinitas Salt Water (SSW) berbasis model Guided Inquiry pada materi klasifikasi materi dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D meliputi empat tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan saja. Berdasarkan aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test pada hasil belajar aspek pengetahuan yang diperoleh 92% siswa tuntas, sedangkan hasil belajar pada aspek keterampilan yang diperoleh 80% siswa tuntas. Berdasarkan aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Hasil Belajar.

Published
2018-05-25
How to Cite
DEVY, A., & WIDODO, W. (2018). KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SALINITAS SALT WATER BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23309
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 228