KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN KELAS VIII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi keterampilan proses sains pada materi Tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) namun pada penelitian ini tahap Disseminate tidak dilakukan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Lamongan dan diujicobakan secara terbatas terhadap 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes keterampilan proses sains berupa pretest dan posttest. Metode pengumpulan data adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data peningkatan keterampilan proses sains siswa. Hasil tes keterampilan proses sains dianalisis dengan analisis Gain ternormalisasi. Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi keterampilan proses sains pada materi Tekanan berdasarkan peningkatan tes keterampilan proses sains dengan N-Gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang.
Kata Kunci: Keefektifan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Keterampilan Proses Sains
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

