PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  • SILVI ZULI ASTUTIK
  • TUTUT NURITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa MTs Tanfa’ul Ulum. Indikator keterampilan proses sains yang digunakan yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menginterpretasi data, dan mengomunikasikan hasil percobaan. Penelitian terapan dengan menggunakan rancangan pre-eksperimental ini menggunakan desain one group pre-test post-test design yang dilaksanakan di MTs Tanfa’ul Ulum. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang berjumlah masing-masing 22 siswa dengan instrumen berupa tes. Penelitian berlangsung di semester kedua tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains di MTs Tanfa’ul Ulum mengalami peningkatan setelah diterapkannya LKPD keterampilan proses. Kelas VIII-A mengalami peningkatan dari rata-rata pre-test 34,09% menjadi 61,65% dan untuk kelas VIII-B dari 29,83% menjadi 62,22% pada rata-rata post-test.

Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Lembar Kerja Peserta Didik
Published
2018-05-31
How to Cite
ZULI ASTUTIK, S., & NURITA, T. (2018). PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23403
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 47