PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

  • RISA EKA ICHWANAH
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB di SMP Negeri 2 Tanggulangin. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan proses sains. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dianalisis menggunakan analisis n-gain score. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dikategorikan tinggi dengan indeks gain 0,75.

Kata kunci: learning cycle 5E, keterampilan proses sains

Published
2018-06-05
How to Cite
EKA ICHWANAH, R., & NURITA, T. (2018). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23472
Abstract View: 52
PDF Download: 38