KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS PROSES SAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • LISTIYA ASIFAH ANGGRAINI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan LKPD Berbasis Proses Sains pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains berdasarkan keefektifan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes keterampilan proses sains yang terdiri dari pretest dan posttest masing-masing terdiri dari 10 soal pada indikator pengetahuan dan 5 soal pada indikator keterampilan proses sains. Hasil tes menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan pada indikator pembelajaran pada aspek pengetahuan sebesar 84,84% dengan kategori sangat baik, aspek proses sains sebesar 8,70% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil N-Gain skor pada indikator pengetahuan mendapat rata-rata sebesar 0,63 dengan kriteria sedang. Pada hasil N-Gain skor pada indikator keterampilan proses sains mendapat rata-rata sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Proses Sains efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains.






Published
2018-07-18
How to Cite
ASIFAH ANGGRAINI, L., & NURITA, T. (2018). KEEFEKTIFAN LKPD BERBASIS PROSES SAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24264
Abstract View: 25
PDF Download: 28