Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Learning Cycle 7E pada Materi Pesawat Sederhana ditinjau Berdasarkan Hasil Tes Keterampilan Proses Sains Siswa

  • TRYAS NGUDI LESTARI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berorientasi Learning Cycle 7E pada materi pesawat sederhana ditinjau berdasarkan hasil tes keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII-K SMP Negeri 1 Gresik tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dengan menggunakan lembar soal tes keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berorientasi Learning Cycle 7E pada materi pesawat sederhana efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada setiap aspek keterampilan proses sains dengan skor N-Gain yang diperoleh pada aspek merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel percobaan, menganalisis data, menyimpulkan data, dan mengomunikasikan data masing-masing sebesar 0,88; 0,81; 0,90; 0,78; 0,43; dan 0,72.

Kata Kunci : Keefektifan, Learning Cycle 7E, Keterampilan Proses Sains Siswa


Published
2018-08-14
How to Cite
NGUDI LESTARI, T., & NURITA, T. (2018). Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Learning Cycle 7E pada Materi Pesawat Sederhana ditinjau Berdasarkan Hasil Tes Keterampilan Proses Sains Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/25260
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 38