Media Pembelajaran Interaktif Berbasis M-learning Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • YORANDA PERMANA RAMDHANI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi objek IPA dan pengamatannya yang memenuhi kelayakan berdasarkan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian Research and Develompent (R&D) yang dibatasi pada ujicoba terbatas sebanyak 20 siswa. Media pembelajaran interaktif diujicobakan di SMPN 21 Surabaya di kelas VII-A dengan nilai KKM sebesar 78. Instrumen yang digunakan adalah lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yaitu pretest dan posttest. Keefektifan dari penggunaan media ini mendapatkan ketuntasan posttest sebesar 100% dengan N gain sebesar 0,80. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis m-learning layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi objek IPA dan pengamatannya.

Kata Kunci : M-learning, Hasil Belajar, dan Objek IPA dan Pengamatannya.

Published
2019-05-28
How to Cite
PERMANA RAMDHANI, Y., & NURITA, T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis M-learning Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27839
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 61