PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkannya model Guided Discovery pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan proses sains melalui pretest dan posttest. Subjek pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII SMPN 2 Gedangan. Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil Pretest sebesar 39,13 yang meningkat menjadi 87,25 pada hasil Posttest. Keterampilan proses sains diperoleh rata-rata peningkatan (N-Gain) sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hal tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran Guided Discovery pada materi kalor dan perpindahannya dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata Kunci: Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains.
PDF Downloads: 89