KEVALIDAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  • DEBBY RATNA ZULVITA
  • ELOK SUDIBYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan lembar kegiatan siswa berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research and Development), hanya terbatas sampai tahap keenam yaitu uji coba produk berupa lembar kegiatan siswa. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian One-Group PreTest-PostTest Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari kevalidan LKS dinyatakan layak, dikarenakan semua kriteria yang dinilai meliputi identitas LKS, syarat didaktik, syarat konstruksi, dan syarat teknis berkategori minimal baik dengan skor 4 sehingga dinyatakan valid.

Kata Kunci: kevalidan LKS, guided discovery, keterampilan proses sains





Published
2019-05-29
How to Cite
RATNA ZULVITA, D., & SUDIBYO, E. (2019). KEVALIDAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27894
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 48