KEVALIDAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan lembar kegiatan siswa berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode R&D (Research and Development), hanya terbatas sampai tahap keenam yaitu uji coba produk berupa lembar kegiatan siswa. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs dengan rancangan penelitian One-Group PreTest-PostTest Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari kevalidan LKS dinyatakan layak, dikarenakan semua kriteria yang dinilai meliputi identitas LKS, syarat didaktik, syarat konstruksi, dan syarat teknis berkategori minimal baik dengan skor 4 sehingga dinyatakan valid.
Kata Kunci: kevalidan LKS, guided discovery, keterampilan proses sains
PDF Downloads: 48