KEVALIDAN LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKS berbasis Guided Discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang diuji cobakan pada siswa kelas VIII SMPN 21 Surabaya dengan desain penelitian One Group pre-test and post-tes design. Hasil validasi yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui nilai yang sering muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi diperoleh modus sebesar 4 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan.
Kata kunci: Kevalidan, LKS, guided discovery
Abstract
This study is to describe the validity of student’s worksheet (LKS) based on guided discovery to improve student’s result. This study uses 4-D model that is tested on eight grader SMPN 21 Surabaya with One Group pre-test and post-tes design as research methodology. The validity result is analysed to know the modus. The research result shows that result of validity results modus in total of 4 with very proper category. According to the data collected, student’s worksheet (LKS) developed states as valid and proper to be used.
Keywords: Validity, worksheet, guided discoveryPDF Downloads: 195