KEVALIDAN LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • FERA LINDRA ISMAWANTI
  • ELOK SUDIBYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKS berbasis Guided Discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang diuji cobakan pada siswa kelas VIII SMPN 21 Surabaya dengan desain penelitian One Group pre-test and post-tes design. Hasil validasi yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui nilai yang sering muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi diperoleh modus sebesar 4 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan.

Kata kunci: Kevalidan, LKS, guided discovery

Abstract

This study is to describe the validity of student’s worksheet (LKS) based on guided discovery to improve student’s result. This study uses 4-D model that is tested on eight grader SMPN 21 Surabaya with One Group pre-test and post-tes design as research methodology. The validity result is analysed to know the modus. The research result shows that result of validity results modus in total of 4 with very proper category. According to the data collected, student’s worksheet (LKS) developed states as valid and proper to be used.

Keywords: Validity, worksheet, guided discovery
Published
2019-06-11
How to Cite
LINDRA ISMAWANTI, F., & SUDIBYO, E. (2019). KEVALIDAN LKS BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27958
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 195