PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURABAYA

  • YENIKA RAMBU LEPIR
  • TUTUT NURITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran air dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design memiliki rancangan penelitian “one grup pretest-posttest design”. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-J SMP Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018-2019 berjumlah 40 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes tulis sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah (posttest) dengan soal yang mengandung indikator keterampilan berpikir kritis. Berpikir kritis siswa dikatakan telah meningkat apabila memperoleh N-gain skor sebesar ≥ 0,3 dengan kriteria sedang. Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan pendekatan saintifik dapat dilihat dari N-gain skor keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan saintifik pada materi pencemaran air dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Pendekatan Saintifik, Pencemaran Air

Published
2019-07-04
How to Cite
RAMBU LEPIR, Y., & NURITA, T. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28716
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 64