PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

  • MUFIDAH NURUL HIDAYAH
  • ELOK SUDIBYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar dalam dimensi pengetahuan, terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre- experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 6 Sidoarjo yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori sangat baik pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis ­N-Gain diperoleh 34% siswa mendapatkan skor N-Gain dengan kategori sedang dan 66% siswa dengankategori tinggi.

Kata kunci: Learning Cycle 5E, hasil belajar.






Published
2019-07-08
How to Cite
NURUL HIDAYAH, M., & SUDIBYO, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28951
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 270