KEMAMPUAN SISWA MENJELASKAN ISU-ISU SAINS SEETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAINTIFIK

  • Desy Ulil Ilmi Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menjelaskan isu-isu sains pada materi zat aditif setelah mengikuti pembelajaran saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan adalah 29 siswa kelas VIII-D SMPN 1 Kras Kabupaten Kediri. Data yang dianalisis adalah hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, hasil tes kemampuan menjelaskan isu-isu sains, dan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes kemampuan menjelaskan isu-isu sains pada materi zat aditif sudah mencapai level tiga yaitu literasi sains fungsional dengan ketercapaian setiap indikator 97,76% untuk eksplorasi isu-isu sains, 91% untuk mengidentifikasi (fakta/konsep/prinsip/teori), 20% untuk mendefinisikan, 46,67% untuk menjelaskan, dan 76,16 untuk menerapkan. Faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa menjelaskan isu-isu sains pada materi zat aditif setelah mengikuti pembelajaran saintifik yaitu kurangnya siswa berlatih dalam mengerjakan soal yang dikaitkan dalam berbagai informasi serta dikaitkan dalam berbagai situasi kehidupan.

 

Kata Kunci: Isu-isu Sains, kemampuan siswa menjelaskan, faktor
Published
2019-12-22
How to Cite
Ilmi, D., & Erman, E. (2019). KEMAMPUAN SISWA MENJELASKAN ISU-ISU SAINS SEETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAINTIFIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32295
Section
Articles
Abstract View: 63
PDF Download: 372