UPAYA MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE DALAM MODEL DISKUSI

  • Nur Jannatin Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuannuntuk mendeskripsikannketerlaksanaan pembelajaran, keterampilannkomunikasi, dan respon siswa dengan diterapkannya strategikthink-pair-share dalam pembelajaranndiskusi. Jenis penelitian inikPre-Experimental dengannOne-Shot Case Study Design, dengan subyek penelitian 33 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 32 Surabaya. Metode pengumpulanndata menggunakan observasiipartisipan dan angket. Teknik analisisndata menggunakan statistikndeksriptif. Hasilnpenelitian menunjukkannbahwa penerapan strategikthink-pair-share dalam pembelajarandiskusi terlaksana dengan baik ditinjau dari perolehan persentase keefektifan yaitu 96,53%. Keterampilanmkomunikasi lisan dan tertulis siswa mengalami peningkatan. Siswa memberikan respon positif sebesar 90,91% dengan kriteriaasangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi think-pair-share dalam pembelajaran diskusi dapat melatihkan dan meningkatkan keterampilannkomunikasi siswatkelas VIII-A SMP Negeri Surabaya.

 

Kata Kunci: strategiithink-pair-share, model diskusi, keterampilannkomunikasi.
Published
2019-12-22
How to Cite
Jannatin, N., & Sudibyo, E. (2019). UPAYA MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE DALAM MODEL DISKUSI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32299
Section
Articles
Abstract View: 29
PDF Download: 21