PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 5E PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

  • Dina Millana Majidah Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran siklus 5E pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Keterlaksanaan pembelajaran pada penelitian ini diperoleh modus 4 dengan kriteria sangat baik. Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan pada 32 siswa Kelas VII-A dan 32 Kelas VII-B SMP Negeri 1 Karangbinangun. Hasil penelitian ini berupa hasil belajar kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Hasil belajar kompetensi pengetahuan diperoleh dari hasil uji N-Gain yang menunjukkan bahwa 78% siswa memperoleh skor dalam kriteria tinggi pada Kelas VII-A. Pada Kelas VII-B 62,5% siswa memperoleh skor dalam kriteria tinggi. Hasil belajar kompetensi pengetahuan siswa diketahui dari nilai pretest dan posttest siswa. Hasil posttest siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran siklus 5E. Hasil belajar kompetensi keterampilan pada Kelas VII-A diperoleh nilai rata-rata 72 dengan kriteria baik pada pertemuan 1 dan 86 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2. Pada Kelas VII-B diperoleh nilai rata-rata 71 dengan kriteria baik pada pertemuan 1 dan 83 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2. Penelitian ini mendapatkan respons positif dari siswa Kelas VII-A dan VII-B. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus 5E pada materi pemanasan global dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP.
Kata Kunci: model pembelajaran siklus 5E, hasil belajar

Published
2020-12-31
How to Cite
Majidah, D., & Sudibyo, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 5E PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 228-234. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38394
Section
Articles
Abstract Views: 318
PDF Downloads: 210