KELAYAKAN KOMIK GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Febrina Hanif Addaafi Universitas Negeri Surabaya
  • Tutut Nurita Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan komik getaran dan gelombang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kelayakan komik getaran dan gelombang dapat diketahui berdasarkan penilaian oleh tiga validator, yaitu dua dosen pengampu mata kuliah gelombang dan optik serta satu guru IPA MTs kelas VIII. Penelitian ini menggunakan lembar validasi sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penelitian.Terdapat lima aspek yang akan dinilai yaitu aspek kelayakan penyajian pada media komik, aspek kelayakan ilustrasi dalam media komik, aspek kelayakan penyajian alur pada media komik, aspek kelayakan materi pada media komik dan aspek kelayakaan penggunaan bahasa pada media komik. Data hasil validasi akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan mengambil modus dari setiap skor komponen yang sesuai dengan instrumen penilaian media komik. Nilai modus yang telah didapatkan selanjutnya dikonversikan ke dalam kriteria kelayakan media komik. Hasil kelayakan media komik pada aspek penyajian diperoleh modus 4, aspek ilustrasi diperoleh modus 5, aspek alur diperoleh modus 4, aspek materi diperoleh modus 5 serta aspek bahasa diperoleh modus 5. Hal tersebut menunjukkan bahwa komik getaran dan gelombang memperolehan modus sebesar 5 dan termasuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kelayakan komik getaran dan gelombang layak dari aspek validitas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: kelayakan, komik getaran dan gelombang, motivasi, hasil belajar

Published
2020-12-31
How to Cite
Addaafi, F., & Nurita, T. (2020). KELAYAKAN KOMIK GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 275-281. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38401
Section
Articles
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 271