KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. Peneliti menggunakan Research & Development (R&D) sebagai jenis penelitian. Batasan penelitian hanya sampai pada uji validitas internal dari perangkat pembelajaran dan LKPD yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berdasarkan validitas hasil telaah berupa saran dari dosen pembimbing serta hasil revisi oleh peneliti. Sedangkan teknik analisis data berdasarkan rekapitulasi hasil validasi dari dua validator dengan membandingkan seluruh hasil point kriteria yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil data validasi berupa penskoran terhadap perangkat pembelajaran dan LKPD berbasis etnosains untuk melatihkan keterampilan proses sains yang dikembangkan. Secara keseluruhan skor rata-rata hasil penelitian berdasarkan validitas memperoleh persentase rata-rata sebesar 88,55 % dari total persentase validasi silabus 88,16%, persentase validasi RPP 90%, dan persentase validasi LKPD 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis etnosains layak digunakan sebagai sarana membantu melatihkan keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci: LKPD, Etnosains dan Keterampilan Proses Sains