PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan model Collaborative Learning, peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa dari hasil penerapan model Collaborative Learning materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Penelitian ini menggunakan satu kelas tanpa kelas kontrol. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh yaitu 1) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh modus skor 4 dengan kategori sangat baik; 2) Aktivitas siswa memiliki kriteria sangat baik pada aspek mengamati, mengumpulkan data, dan mengasosiasi, kriteria baik pada aspek menanya, dan kriteia cukup pada aspek mengkomunikasikan; 3) Respon siswa positif dengan rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat baik; 4) Hasil belajar siswa dari hasil analisis diperoleh data berdistribusi normal, hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan, dan rata-rata N-Gain sebesar 0,4. Ketuntasan KKM pada pretest yaitu keseluruhan siswa tidak tuntas, sementara pada post test yaitu sebanyak 8 siswa tuntas, dan sebanyak 22 siswa tidak tuntas. Hasil penerapan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Collaborative Learning materi kalor dan perubahannya pada kelas VII dapat menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dengan terlaksananya tahapan pembelajaran model Collaborative Learning.
Kata kunci : Model Collaborative Learning, Peningkatan, Hasil Belajar Siswa