PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Ulfa Arma Dana Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan model Collaborative Learning, peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa dari hasil penerapan model Collaborative Learning materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Penelitian ini menggunakan satu kelas tanpa kelas kontrol. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh yaitu 1) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh modus skor 4 dengan kategori sangat baik; 2) Aktivitas siswa memiliki kriteria sangat baik pada aspek mengamati, mengumpulkan data, dan mengasosiasi, kriteria baik pada aspek menanya, dan kriteia cukup pada aspek mengkomunikasikan; 3) Respon siswa positif dengan rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat baik; 4) Hasil belajar siswa dari hasil analisis diperoleh data berdistribusi normal, hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan, dan rata-rata N-Gain sebesar 0,4. Ketuntasan KKM pada pretest yaitu keseluruhan siswa tidak tuntas, sementara pada post test yaitu sebanyak 8 siswa tuntas, dan sebanyak 22 siswa tidak tuntas. Hasil penerapan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model Collaborative Learning materi kalor dan perubahannya pada kelas VII dapat menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dengan terlaksananya tahapan pembelajaran model Collaborative Learning.
Kata kunci : Model Collaborative Learning, Peningkatan, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Dana, U. A., & Qosyim, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 127–132. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38520

Issue

Section

Articles
Abstract views: 211 , PDF Downloads: 201

Most read articles by the same author(s)

> >>