Daya Terima Stick Tepung Almond dan Tepung Kedelai serta Analisis Kandungan Magnesium, Aktivitas Antioksidan sebagai Camilan Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)

Penulis

  • Nibras Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Rita Ismawati

Kata Kunci:

Daya Terima, Kandungan Stik, Tepung Almond, Tepung Kedelai, Anak Autis, Daya Terima, Kandungan Stik, Tepung Almond, Tepung Kedelai, Anak Autis

Abstrak

Makanan bagi pendertia autis merupakan salah satu hal yang sangat harus diperhatikan karena dapat mengatasi perilaku hiperaktif. Fungsi dari magnesium adalah mencegah ensefalopati dan keterlambatan perkembangan, sedangkan senyawa antioksidan dapat menekan terbentuknya peningkatan stres oksidatif pada anak ASD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya terima, kandungan magnesium, dan aktivitas antioksidan pada stick. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni. Perlakuan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan perbandingan komposisi tepung almond dan tepung kedelai, yaitu 30 : 70, 40 : 60, 50 : 50 yang diujikan pada 40 panelis. Analisa data menggunakan teknik deskriptif, kemudian dianalisis menggunakan uji Man Whitney (? = 0,05). Hasil penilaian hedonik ditemukan ada perbedaan pada tekstur dan rasa. Namun, tidak ada perbedaan pada warna dan aroma. Sedangkan, hasil penentuan formula terpilih menunjukkan bahwa formula 30:70 adalah formula terbaik. Analisis kandungan magnesium menunjukkan per 100 gram stick adalah 1618,8 mg dan kandungan flavonoid per 100 gram stick adalah 46,5915 mg. Stick tepung almond dan tepung kedelai perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat terhadap anak Autism Specturm Disorder (ASD).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-08

Cara Mengutip

Aulia, N. dan Ismawati, R. (2022) “Daya Terima Stick Tepung Almond dan Tepung Kedelai serta Analisis Kandungan Magnesium, Aktivitas Antioksidan sebagai Camilan Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 2(2), hlm. 100–107. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/46804 (Diakses: 13 Juli 2025).
Abstract views: 279 , PDF Downloads: 502