Penggunaan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Nilai Tradisi Nyadran Sidoarjo Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS

  • Umi Umaroh Auliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan
  • Katon Galih Setyawan
  • Ali Imron
  • Muhammad Ilyas Marzuqi
Keywords: Model Pembelajaran VCT, Nilai Tradisi Nyadran Sidoarjo, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis nilai tradisi nyadran Sidoarjo terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik pada pembelajaran IPS di SMPN 2 Candi Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan rancangan penelitian berupa Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 37 peserta didik. Penentuan sampel mengguanakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Hasil uji normalitas kedua kelas menunjukkan nilai sig. > 0,05 sehingga data bersifat normal. Hasil uji homogenitas dari kedua kelas menunjukkan nilai sebesar 0,266 > 0,05 sehingga data bersifat homogen. Kemudian tahap uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test untuk mengetahui perbedaan antara hasil awal dan hasil akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,014 yang artinya ada perbedaan penguatan pendidikan karakter peserta didik pada pembelajaran IPS sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis nilai tradisi nyadran Sidoarjo Kelas VII SMPN 2 Candi Tahun Ajaran 2021/2022.

References

Abiyyu, A. (2020). Nyadran Sebagai Bentuk Syukur Masyarakat Balongdowo-Sidoarjo. SMK TELKOM Sidoarjo. https://smktelkom-sda.sch.id/berita/nyadran-sebagai-bentuk-syukur-masyarakat-balongdowo-sidoarjo.html#:~:text=Salah satu daerah di provinsi,lokal masyarakat daerah Balongdowo-Sidoarjo.
Aryanti, S., Sundawa, D., & Dahliyana, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Tiga Pilar Budaya (Ngaos, Mamaos, Maenpo) Dalam Pembelajaran IPS di SMP. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 6(02), 80–88. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8491
Idris, M. (2019). Pendidikan Karakter : Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(1), 77–102.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika (Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial), 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164
Karim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. STAIN Kudus.
Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Sukawening. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://media.neliti.com/media/publications/226571-perbandingan-kemampuan-pemecahan-masalah-5af4ead9.pdf
Lickona, T. (1992). Educating for Character. Bantam Books.
Lickona, T. (2012). Character Matters; Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. PT Bumi Aksara.
Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018, (2018).
Pulungan, F. R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Perubahan Karakter dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 38–43.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Saragih, S. (2015). Aplikasi SPSS dalam Statistik Penelitian Pendidikan. Perdana Publishing.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn and Bacon.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedu). Alfabeta.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Alfabeta.
Theofilus, P. (2019). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Riksa Bahasa, 5(2), 215–220.
Published
2023-08-31
How to Cite
Auliyah, U., Setyawan, K., Setyawan, K., Imron, A., & Marzuqi, M. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Nilai Tradisi Nyadran Sidoarjo Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 10-26. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52774
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 37