Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi

Authors

  • Diana Firdaus Student
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.54312

Keywords:

JIPS, ADDIE, Peran Pelaku Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Jenga IPS (JIPS) terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi peran pelaku ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, validasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunkan skoring kemudian dipersentasekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Jenga IPS (JIPS) mendapat presentase perolehan skor sebesar 93,3% dari ahli media. Berdasarkan skala likert maka nilai tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran Jenga IPS (JIPS) mendapat presentase perolehan skor sebesar 87,5% dari ahli materi maka masuk dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran Jenga IPS (JIPS) mendapat presentase perolehan skor sebesar 90,5% dari praktisi pendidik maka masuk dalam kategori sangat baik. Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) mendapat presentase perolehan skor hasil belajar siswa adalah 86,3% maka masuk dalam kategori sangat efektif. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Jenga IPS (JIPS) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 8C sebagai kelas eksperimen pada pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 2 Taman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Firdaus, D., Nasution, N., Riyadi, R., & Prastiyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS (JIPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 118–127. https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.54312

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 42

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>