Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Minat Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.54809Keywords:
Media Pembelajaran, Komik Digital, Minat Belajar SiswaAbstract
Materi pembelajaran IPS yang cenderung banyak dan berupa bacaan, konsep serta bersifat hafalan membuat siswa banyak yang pasif saat kegiatan pembelajaran IPS, kurang menarik, terasa jenuh, membosankan, dan kurang antusias untuk mengikuti proses pembelajaran IPS. Diperlukan adanya variasi dalam menyampaikan materi IPS. pengembangan media pembelajaran komik digital dilakukan sebagai upaya menumbuhkan minat belajar siswa dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang ada lima tahap didalamnya Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran komik digital sangat layak digunakan untuk meyampaikan materi pembelajaran IPS dengan dasar validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran dengan prosesntase materi dalam media sebesar 80% dan media pembelajaran sebesar 88,23%; 2) Media pebelajaran komik digital sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPS dengan dasar penilaian praktisis pendidikan dengan prosesntase 93,33% serta dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi terhadap siswa dengan dasar respon angket minat belajar oleh siswa dengan prosentase 64,23% dengan kualifikasi tinggi untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS.