Kehidupan Sosial Santri Pesantren Modern Al-Amanah Sebagai Sumber Pembelajaran IPS

Social life Al-Amanah Modern Islamic Boarding School Students as Social Studies Learning Resources

  • Muhammad Afif Fadlillah Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution
  • Kusnul Khotimah
  • Niswatin Niswatin
Keywords: Kehidupan sosial, pesantren, pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kehidupan sosial santri Pesantren Modern Al-Amanah.(2) bagaimana pola pendidikan santri di Pesantren Modern Al-Amanah sebagai sebagai sumber belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode mengumpulkan  data dengan cara sebagai partisipan,  study dokumen, dan wawancara. Ke tiga data ini akan dijadikan satu dan dideskripsikan menjadi sebuah pembahasan yang komplek untuk menjawab pertanyaan yang berada di dalam rumusan masalah.

                Hasil dari penelitian adalah: (1) kehidupan sosial santri di Pesantren Modern Al-Amanah memiliki kehidupan sosial dengan ciri khas bersih bersih lingkungan Pesantren bersama, masak masak bersama walaupun dengan alat alat ala kadarnya dan juga kedisiplinan yang tidak didapatkan dalam sekolah umum. (2) pola pendidikan santri di Pesantren Modern Al-Amanah ini memiliki 2 pola pendidikan yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal atau  yang biasa disebut diniyah. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kehidupan sosial santri Pesantren Modern Al-Amanah dapat di jadikan sebagai sumber pembelajaran IPS

References

Izzati, L. N., & Fauziati, E. (2021). Pendidikan Karakter di Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi dalam Perspektif Progresivisme. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(2), 136-142
Imam Tabroni, Putra, D. D., Adawiah, N., & Rosmiati. (2022). Forming Character With Morals Prophet Muhammad Saw. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1 SE-Articles)
Anugrah, Y. V., & Fauzi, A. M. (2019). Hegemoni Kyai terhadap Santri. Paradigma, 7(4).
Ilmi, P. B., Rahmaningsih, S., & Cikdin, C. (2022). Perbandingan Karakter Santri Mukim dan Non Mukim di Pondok Pesantren Miftahul Jannah (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Amirudin, Y. (2020). Peran Pondok Pesantren dalam Mencegah Faham Radikalisme Agama. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 92-103.
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027-2035.
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172
Fahmi, M. (2015). Mengenal tipologi dan kehidupan pesantren. Syaikhona: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 6(1), 320-334.
Bahri, S. (2018). Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Sistem Pendidikan Pesantren. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 101-135.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94-1
Published
2023-08-31
How to Cite
Fadlillah, M., Nasution, N., Khotimah, K., & Niswatin, N. (2023). Kehidupan Sosial Santri Pesantren Modern Al-Amanah Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 198-205. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55345
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 41