Problematika Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS SMP Pasca Pandemi (Studi Fenomenologi Di MTS Ma'arif Ketegan Tanggulangin)

  • Novalia Suci Haryanti Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendidikan karakter, Daring, Pasca Pandemi

Abstract

Kondisi global sekolah pada saat pandemi Covid-19 membuat pemerintah memberikan kebijakan pembelajaran daring sehingga berdampak pada kemerosotan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja problematika dalam internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS SMP pasca pandemi di MTs Ma’arif Ketegan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengunakan perspektif fenomenologi. Pemilihan jenis penelitian tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang diutamakan dalam penjelasan serta penjabaran suatu fenomena yang akan diteliti. Dengan menggunakan metode penelitian ini, perspektif fenomenologi digunakan untuk mengurangi pengaruh subjektifitas yang dapat menjadikan sumber terjadinya penyimpangan, bias, dan ketidaktepatan informasi yang nantinya didapatkan di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya problematika dalam internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS SMP Pasca pandemi di MTs Ma’arif Ketegan dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik akibat pandemi Covid-19 seperti penurunan kondisi perekonomian keluarga setelah pandemi, adanya perceraian orangtua yang dialami oleh peserta didik akibat penurunan kondisi ekonomi, kehilangan orangtua sehingga kurangnya perhatian, dan tidak diberikannya pendidikan karakter didalam lingkungan keluarga.

 

References

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632-1638.

Abd. Aziz, Kundharu Saddhono, Bagus Wahyu Setyawan, A Parental Guidance Patterns In The Online Learning Process During The Covid-19 Pandemi: Case Study In Indonesian School, Heliyon.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere: Journal Of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30.

Fatimah, S. (2016). Motif ‘Agar’dan ‘Karena’dalam Keputusan Orang Tua Memilih Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Fenomenologi Alfred Schutz Dalam Konteks Lembaga Bimbingan Belajar Supermind Dan Pakarsidi Di Kabupaten Sukoharjo).

Hasanah, U. (2020). Pengaruh Perceraian Orangtua Bagi Psikologis Anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 18-24.

Iskandar, S., Rosmana, P., Huda, N., Irsalina, S., Nurnikmah, U., & Sukmawati, V. A. (2023). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskur-Balitbang. Kemdiknas.

Kasingku, J. D., & Mantow, A. (2022). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Unklab. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1989-2002.

Kartika, C. (2018). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Mis Suturuzhulam Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Lestari, I. P., Purnamasari, V., & Purnamasari, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Program Belajar Dari Rumah: Studi Kasus Di Sdn 3 Klaling Kudus. Dimensi Pendidikan, 17(2).

Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta'dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1-17

Rasyid, H. A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Madrasah Aliyah. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1).
Published
2023-10-31
How to Cite
Haryanti, N., Setyawan, K., Setyawan, K., Niswatin, N., & Prastiyono, H. (2023). Problematika Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS SMP Pasca Pandemi (Studi Fenomenologi Di MTS Ma’arif Ketegan Tanggulangin). DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 177-187. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56374
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 33