Implementasi Pendidikan karakter Berbasis Religius Dalam Pembelejaran IPS Secara Daring di SMP Islamic Qon

  • Firda Nurrahma Silvana Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron
  • Muhammad Ilyas Marzuqi
  • Riyadi Riyadi
Keywords: Pendidikan Karakter, Religius, Pembelajaran Daring, Pembelajaran IPS

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengimpletasian pendidikan karakter berbasis religius dalam pembelajaran IPS yang dilakukan secara daring.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan studi literatur. Pihak yang terlibat diantaranya Kepala Sekolah, Guru IPS, Waka kurikulum, Waka Kesiswaan, dan sebagian peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Milles Hubbermen. Tujuan utama dari dilakukanya penelitian ini adalah untuk melihat bagaiman proses penerapan dari pendidikan karakter berbasis religius dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPS. Mengingat pentingnya pendidikan karakter pada masa ini. Maka karakter merupakan salah satu hal utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran daring yang dilakukan membuat proses penerapan pendidikan karakter berbasis religius juga dimodifikasi. Disesuaikan agar pembelajaranya lebih efektif dan efisien. Sehingga apa yang disampaikan kepada peserta didik dapat berguna bagi peserta didik di dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya Pendidikan Karakter berbasis religius tetap bisa dilaksanakan dengan baik di SMP Islamic Qon. Dengan berbagai macam penyesuaian sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Peserta didik menunjukkan kepahamanya mengenai karakter yang disampaikan oleh pendidik. Sehingga penerapan pendidikan karakter di SMP Islamic Qon berjalan efektif.

References

Dharma Kesuma, C. T. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Disekolah . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Budaya, 259-268.
Herimanto, T. d. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Multikultural. JIPSINDO, 78-100.
Humas. (2017, Oktober 6). Peraturan Presiden Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. setkab.go.id .
KPAI. (2020, Agustus 31). kpai.go.id. Retrieved Juni 18, 2021, from kpai.go.id: http://kpai.go.id
Kusno, J. P. (2015). Model Pendidikan Religius Berbasis pada Pengetahuan Matematika Sekolah. 1-11.
Liputan6. (2020). 6 Ribuan Sekolah Ditutup Akibat Pandemi Corona Covid-19. Jakarta: liputan6.com.
Marzuqi. (2019). Pendidikan Karakter Islam . Jakarta : Amzah Imprint Bumi Aksara.
Nasution, H. A. (2020). Pendidikan Karakter Prespektif Ibnu Sina . Al Ikhtibar : Jurnal Ilmu Pendidikan, 737-748.
Sri Puji Lestari, T. d. (2018). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Nasionalisme dan Religius dalam Pembelajaran IPS di SMP Nasima Semarang. Sosiolum , 105-114.
Sudarsono, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Klaten dan MTS Wahid Hasyim Yogyakarta. Jipsindo, 1-23.
Yekti Utami, A. P. (2018). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang. Sosiolum , 40-52.
Published
2024-06-24
How to Cite
Silvana, F., Imron, A., Marzuqi, M., & Riyadi, R. (2024). Implementasi Pendidikan karakter Berbasis Religius Dalam Pembelejaran IPS Secara Daring di SMP Islamic Qon. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 4(2), 46-55. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/60924
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0