Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Sumber Daya Alam di SMPN 40 Surabaya

Authors

  • Pirana Rachma Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Sumber Daya Alam, Berpikir Ilmiah

Abstract

Model pembelajaran inkuiri menjadi salah satu model yang direkomendasikan dalam pendidikan abad ke-21 karena mendorong peserta didik untuk menganalisis, memecahkan masalah, dan menyampaikan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas VII pada materi sumber daya alam di SMPN 40 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memberikan hasil yang baik, dengan kemampuan berpikir ilmiah siswa berada pada kategori sedang dan tinggi, tanpa ada siswa yang berada pada kategori rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas VII pada materi sumber daya alam di SMPN 40 Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Sari, P. R., Segara, N. B., Prasetya, S. P., & Prastiyono, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Sumber Daya Alam di SMPN 40 Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 279–294. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/61318

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 88 , PDF Downloads: 104

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>