Kelayakan E-LKPD Berbasis Saintifik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII untuk Melatih Literasi Sains Peserta Didik

Authors

  • Aynani Luthfiyyah Universitas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p533-542

Keywords:

E-LKPD,, Keterampilan literasi sains,, Pendekatan saintifik,, Materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan,

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu keahlian krusial yang dibutuhkan peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ke-21, seringkali masih kurang dikembangkan di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektifivitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Validitas E-LKPD dinilai melalui evaluasi dua validator, yaitu dosen ahli materi serta dosen ahli media. Kepraktisan diukur melalui observasi keterlaksanaan aktivitas serta angket respons peserta didik, sedangkan keefektifan dinilai melalui hasil belajar peserta didik dan ketercapaian indikator literasi sains. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas 12 IPA di MAN 2 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sebesar 3,97, menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Kepraktisan E-LKPD dinyatakan sangat praktis dengan persentase observasi aktivitas peserta didik mencapai 96,7% untuk E-LKPD 1 serta 97,5% untuk E-LKPD 2, serta persentase angket respons peserta didik mencapai 97,8%. Efektivitas E-LKPD juga terbukti, dengan semua peserta didik mencapai atau melampaui ketuntasan tes literasi sains dan skor N-gain sebesar 0,91, menandakan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, E-LKPD berbasis pendekatan saintifik ini layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amthari, W., Muhammad, D. ., dan Anggereini, E. . 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. BIODIK Vol 7(3), hal. 28-35.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fauziah, An Nuril Maulida., Nurita, Tutut., Safitri, Deviana Eka Ratna. 2017. Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Getaran dan gelombang Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Tes Keterampilan Proses Sains. Jurnal LP3M. Vol 3 (1).

Huryah, Fadhilatul Sumarmin, R., & Efendi, J. 2017. Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X di Kota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). Vol 1(2), hal 72-79.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. 2019. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol 5(2), hal. 219-227.

Kristyowati, R. 2018. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 284.

Kusaeri, 2014 Acuan & Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013 , Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maf’ula, A., Hastuti, U.S., & Rohman, F. 2017. Pengembangan Media Flipbook pada Materi Daya Antibakteri Tanaman Berkhasiat Obat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 2 (11): hal 1450-1455.

Mursitaningrum, R., Yuliani. 2019. Keefektifan LKPD Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis. Jurnal BioEdu. Vol. 8 No.3

Nofiana, M., & Julianto, T. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, Vol 9 (1), No. 24-35.

Nurita, Teny. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Uuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.

Sudarisman, S. 2013. Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Variasi Metode Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2(1)

Suryaningsih, Siti., Nurlita, Riska. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). Vol 2 No 7.

Sukmawati, R. 2018. Hubungan Kemampuan Literasi Matematika dengan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade).

OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing

Rahayu, Erna, & Isnawati. 2019. Validitas Buku Ajar berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis”. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 8(2): hal. 270–276.

Rey, G. D., & Steib, N. 2013. The personalization effect in multimedia learning: The influence of dialect. Computers in Human Behavior, 29 (5).

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rihanah, A. dan Irma, C. N. 2022. Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata. Vol. 5 (1):hal. 32–42.

Sapitri D., Ardi., Leilani I. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik disertai Glosarium tentang Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII. Journal Biosains Volume 1 (2).

Safitribm, Ana. 2016. Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Literasi Sains SMP. PENSA: Jurnal Pendidikan Sains. Vol 4 No 2

Thiagarajan, S. Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 329 , PDF Downloads: 225

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.