Pengembangan E-LKPD Liveworksheet Berbasis Inkuri Terbimbing pada Materi Virus untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Rizqi Zulinda Rosa Amelia Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p562-572

Keywords:

E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Virus, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis perlu dimiliki oleh peserta didik karena tuntutan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki yaitu keterampilan 4C, yakni Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity serta untuk mencapai standar kelulusan di Kurikulum Merdeka pada materi virus sesuai capaian pembelajaran (CP) fase E kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD Liveworksheet berbasis inkuiri terbimbing untuk materi virus yang berfokus untuk melatih berpikir kritis peserta didik kelas X.   E-LKPD dikembangkan dengan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate dengan dua topik materi yakni virus HIV dan virus corona. Uji validitas E-LKPD lembar validasi yang dinilai oleh validator, mendapatkan persentase rata-rata skor sebesar 92,9% (sangat valid). Uji kepraktisan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil angket respon peserta didik, mendapatkan persentase rata-rata skor berdasarkan hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% (sangat praktis) dan hasil angket respon peserta didik sebesar 99,5% (sangat praktis). Uji keefektifan hasil lembar tes keterampilan berpikir kritis, mendapatkan rata-rata hasil nilai tes keterampilan berpikir kritis sebesar 88,2 (tuntas). Berdasarkan pada hasil uji validasi, kepraktisan, dan keefektifan menyatakan bahwa E-LKPD Liveworksheet layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Virus, Sekolah Menengah Atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. 2020. Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7-11.

Akmalia, R. T. 2019. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII MTs ASHRI. Jurnal Pendidikan.

Balkist, P. S., Patimah, S., & Perlita, N. 2022. Analisis Pembelajaran Matematika di Sekolah Penggerak dalam Menjalankan Kurikulum Merdeka di Masa Pandemi. PRISMA, 11(2), 619-629.

Devi, R. M. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 405-417.

Facione, Peter A. 2013. Critical Thinking: Reflection and Perspective – Part I. Inquiry, 2691)

Fajriah, L., Surahman, E., & Mustofa, R. F. 2021. Relantionship Betwen Critical Thingking Skills And Student’s Decision-Making Skills On Virus Materials In MAN 1 Tasikmalaya. Jurnal Mangifera Edu, 6(1), 61-81.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510-522.

Furmanti, T. and Hasan, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship Vi Tahun 2019, pp. 1–9.

Giarti, S. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol 1 (1).

Hafni, N. D., Nurjanah, S., & Alviya, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MI NU Hidayatun Najah. Strategi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 9-16.

Hermawan, I. 2019. Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Hildani, T. and Safitri, I. 2021. Implementation of JSIT Curriculum-Based Mathematics Learning in Forming Students Character. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 66–70.

Hidayah, R. 2017. Pengaruh Praktikum Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lampung.

Indira, T., Somakim., & Ely, S. 2017. Keterampilan berpikir kritis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61-75.

Kismawati, R., Ernawati, T., & Winingsih, P. H. 2022. Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 359-370.

Laksono, M. B. T., & Novita, D. 2022. Implementasi Pembelajaran Inkuiri Online Dengan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Faktor Laju Reaksi. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 38-48.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30.

Lismaya, L. 2019. Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahabat Cendekia.

Mardiyanti, N. E. A., & Jatmiko, B. 2022. Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 327-336.

Muftianti, A. 2019. Penyusunan bahan ajar interaktif berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengajar keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 178-186.

Ndruru, S., & Harefa, Y. 2023. Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 686-702.

Nugroho, B. A., Zaini, M., & Arsyad, M. 2022. Keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran materi konsep ekosistem menggunakan model inkuiri dipadu kooperatif. Wahana-Bio: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 13(2), 64-73.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. 2020. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Qomario, Q. And Agung, P. 2019 ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ipa Berbasis Ict Sebagai Media Pembelajaran’, Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), pp. 239–246

Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. 2021. Mengoptimalkan Penilaian dengan Liveworksheet pada Flipped Classroom di SD. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 568-578.

Riduwan, R., Sunarto, S. 2016. Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. 2022. Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343-348.

Sele, A. 2022. Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas dengan Aplikasi Live Worksheet pada Pembelajaran Daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 53-60.

Selviana., Rahman, A., & Makbul, M. 2016. Keterampilan berpikir kritis siswa smk dalam menyelesaikan masalah kombinatorika dan peluang. Jurnal PPGSM - 3TUM 2016, 529- 535.

Suardika, I. K., Tastra, D. K., & Agustiana, I. G. T. (2013). Pengaruh Perbedaan Antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Kelas V Di Gugus III. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children A Sourcebook. Wshington: Nasional Center for Improverment of Educational Systems.

Valentina, Y. S., & Trimulyono, G. 2023. Pengembangan E-Book Ispring Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Fungi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 787-800.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 375 , PDF Downloads: 245

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.