Kelayakan Website Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal Gresik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Digital

Authors

  • Qurrotul A'yun Universitas Negeri Surabaya
  • Wisanti Wisanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p618-628

Keywords:

Validitas, Literasi digital, Website pembelajaran, Keanekaragaman hayati, Potensi lokal Gresik

Abstract

Keterampilan literasi digital merupakan pondasi penting dalam pendidikan abad ke-21 sebagai upaya membentuk peserta didik yang mampu menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Upaya melatihkan keterampilan literasi digital dapat dilakukan melalui penggunaan website pembelajaran sebagai media belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan website pembelajaran materi keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal Gresik untuk melatihkan keterampilan literasi digital yang layak berdasarkan validitas. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yaitu eksplorasi, perancangan, dan penilaian validitas. Kelayakan website diperoleh dari expert judgement meliputi telaah dan penilaian validitas oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli teknologi pendidikan. Instrumen penilaian validitas mencakup 11 butir terdiri dari aspek penyajian, isi, dan kebahasaan website pembelajaran dengan penilaian skala Likert 4 poin, 1-4 (kurang baik-sangat baik). Data validitas dianalisis secara statistik berupa skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas penyajian website memperoleh skor sebesar 3,92, kelayakan isi sebesar 4,00, dan kelayakan bahasa sebesar 3,83, secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 3,92 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa website pembelajaran materi keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal Gresik dinyatakan layak diterapkan untuk melatihkan keterampilan literasi digital ditinjau dari validitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanat, T. 2019. Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Folklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 65-75.

Amanat, T. 2019. Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Folklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 65-75.

Aoun, J. E. 2017. Robot-Proof: Higher Education In The Age Of Artificial Intelligence. MIT press.

Apsari, P. N., & Rizki, S. 2018. Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161-170.

Asih, N. L. Y. U., & Ganing, N. N. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Materi Aksara Bali Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(1), 9-18.

Astuti, F. K., & Agustina, D. S. 2022. Membangun Website MTS Negeri 01 OKU Timur Menggunakan Php dan Mysql. JIK: Jurnal Informatika dan Komputer, 13(1), 7-14.

Fiteriani, I., & Solekha, I. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103-120.

Gilster, P. 1997. Digital Literacy. Wiley and Computer Publishing. New York: Wiley and Computer Publishing.

Harefa, H. S. A., Sari, S. N., & Hia, N. 2021. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Hoax Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 123-138.

Hasani, M. I., & Wulandari, S. 2023. Implementasi Internet of Things (IoT) Pada Sistem Otomatisasi Penyiraman Tanaman Berbasis Mobile. Journal of Computer Science and Applied Informatics, 5(3), 149-161.

Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, F., Kunrozazi, K. & Kurniawan, N., 2022. Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pademi Covid 19. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 6(1), 47-58.

Ilma, S., & Wijarini, F. 2018. Efektivitas Buku Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Potensi Lokal Tarakan. Pedagogi Hayati, 2(1), 42-45.

Kamilah, S. F., Wahyuni, I., & Ratnasari, D. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Google Sites Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA. Biodik, 9(3), 176-181.

Kaspullah, K., & Suriadi, S. 2020. Globalization in Islamic Education (Internalization Strategy of Local Values in Islamic Education in the Era of Globalization). Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 31-41.

Magdalena, I., Syaifulloh, A., & Salsabila, A. 2024. Asumsi Dasar dan Desain Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(5), 41-50.

Maghfiroh, K., & Endang, S. 2023. Pengembangan E-Book Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Genetika Peserta Didik SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(3), 595-607.

Maisaroh, S., & Supardi, S. 2023. Pengembangan Modul Dengan Qr Code Materi Eksplorasi Negara-Negara Asean Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Meningkatkan Literasi Digital Di SMP. Social Studies, 8(2), 1-17.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Maulidya, M. R., & Rozikin, M. 2022. Analisis Retrospektif Kebijakan Satu Data Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 273-287.

Maulina, U., & Pahamzah, J. 2019. Attractive Learning Media to Cope with Students' Speaking Skills in The Industry 4.0 Using Sparkol Videoscribe. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 2(5), 132-140.

McHugh M.L. 2012. Interrater Reliability: The Kappa Statistic. Biochemia Medica, 22(3), 276-282.

Monica, M., & Luzar, L. C. 2011. Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.

Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. 2022. Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847-4855.

Nasir, R., Nurjannah, S., & Amanda, N. F. 2023. Buku Ilustrasi Digital sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa dalam Bahasa Inggris. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 394-404.

Oktavia, R., & Aristo, H. 2020. Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, 8(1), 26-34.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. 2022. Penggunaan Media Google Site dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163-172.

Purba, C. V., Sitepu, A., & Silaban, P. J. 2022. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Dengan Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1329-1347.

Putra, I., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio video CD Interaktif Multimedia untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 1-8.

Putri, N. A., & Fida, R. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 179-193.

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. 2019. Pengembangan Media Website Hybrid Learning Berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130-142.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robandi, B., Rusman, R., Setiasih, O., & Setiawardani, W. 2022. Pedagogik Kritis Berbasis Digital Learning Dan Big Data untuk Meningkatkan Literasi Digital Pendidik Di Kabupaten Indramayu. Abdimas SIliwangi, 5(1), 159- 169.

Salsabila, F., & Aslam, A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088-6096.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 2620-8326.

Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(2), 492-501.

Siboro, T. D. 2019. Manfaat Keanekaragaman Hayati Terhadap Lingkungan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 17-25.

Sonia, S., & Yuliani. 2023. Validitas dan Keterbacaan E-Book Interaktif Enzim untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(3), 585-594.

Sudirgayasa, I. G., Surata, I. K., Sudiana, I. M., Maduriana, I. M., & Gata, I. W. 2021. Potensi Ekowisata Lembu Putih Taro Sebagai Konten dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Hindu Bali. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 343-352.

Surat, I. M. 2018. Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(2), 143-154.

Syed, M. & Nelson, S. C. 2015. Guidelines for Establishing Reliability When Coding Narrative Data. Emerging Adulthood, 3(6), 375-387.

Tambunan, M. A., & Siagian, P. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520-1533.

Waluyati, M. 2020. Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 80-91.

Wardana, M.A.W., Rizqina, A.A., Salsabilah, A.N., Handayani, D.A.P., Dewi, S.M. and Ulya, C., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dengan Model Microblogging sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Jurnal Nalar Pendidikan, 10(1), 71-79.

Wardhono, W. S., & Suharsono, A. 2023. Pengembangan E-modul Interaktif sebagai Sumber Belajar pada Materi Komunikasi Jaringan Komputer dan Telepon Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(5), 2460-2468.

Wicaksono, Y. A. A., & Kuswanti, N. 2022. Pengembangan Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatih Keterampilan Literasi Digital Siswa Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(2), 502-514.

Zega, I. D., Ziliwu, D., & Lase, N. K. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 430-439.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 341 , PDF Downloads: 159

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.