Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan dan Organ Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Intan Cahya Pramudita Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p732-740

Keywords:

E-Modul Interaktif, Discovery Learning , Jaringan dan Organ Tumbuhan, E-LKPD, berpikir kritis, peserta didik

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu komponen karakteristik proyek pelajar pancasila pada kurikulum merdeka belajar yakni bernalar kritis. Keterampilan ini diharapkan dapat dilatihkan melalui penerapan media belajar dan model pembelajaran yang tepat. E-modul diperlukan sebagai bahan  ajar  penunjang pembelajaran. Pada penelitian ini, keterampilan berpikir kritis dilatihkan melalui sintaks discovery learning. Pada model Discovery learning,  siswa dilibatkan secara aktif dalam memecahkan permasalahan, sehingga cocok untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kegiatan yang mendorong siswa dalam berpikir untuk memperoleh jawaban dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Aktivitas ini diterapkan melalui materi jaringan dan organ tumbuhan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mendeskripsikan e-modul interaktif berbasis discovery learning pada materi jaringan dan organ tumbuhan yang layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI. Indikator berpikir kritis yang digunakan meliputi interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, dan regulasi diri. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan metode validasi. Data didapatkan dari hasil validasi oleh satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media.  E-modul interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid berdasarkan kriteria aspek peyajian, isi, dan kebahasaan dengan persentase skor  rata-rata  keseluruhan sebesar 98,70%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan valid untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Z dan Rachmadiarti, F. 2023. “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X”. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 12 (3). hal: 842-849.

Dewi, S. Z.dan Ibrahim, T. 2019. Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol.13(1): hal.130-136.

Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. California : The California Academic Press.

Faridah, U. dan Rahayu, Yuni Sri. 2019. “Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir kritis Materi Transport Membran”. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 11 (2). hal: 394-404.

Faza,, Wulida Mamluatul dan Rahayu, Yuni Sri. 2023. The Development Of E-Book Based On A Scientific Approach To Train Critical Thinking Ability On The Structure And Function Of Plant Tissue Topic. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol (12) (3). Hal: 773-786.

Fitriana, D.E.N., Yanti, D.K., Khotimah, A., dan Aprilya, R.E. 2020. Analysis of Learning Difficulties of Class XII High School Students on Genetic Material. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development. Vol. 2(2): pp. 71-78.

Jannah, Miftakhul dan Raharjo. 2019. Kelayakan Buku Ajar Berbasis Quantum Learning Pada Materi Koordinasi Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 8(3): hal. 34-40.

Lestari, A. C. & Annizar, A. M. 2020. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46-55.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., dan Putri, A. A. 2020. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2(2): hal. 170-187.

Maghfiroh, Kalimatul dan Susantini, Endang. 2023. Pengembangan E-Bookberorientasi Strategi Know- Want-Learned (Kwl) Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Pada Materi Genetika peserta Didik SMA Kelas XII. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol (12) (3). Hal: 595-607.

Muzijah, R., Wati, M., dan Mahtari, S. 2020. Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.Vol. 4(2): 89-98.

Nahdlia, A., dan Budiyanto, M. 2019. “Keefektifan LKS Berbasis Discovery Learning pada Materi Hukum Newton untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”. E-Journal Pensa. 7 (2), 37-41.

Nurlaili, R., Zubaidah, S., dan Kuswanto, H. 2021. “Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis SiswaKelas XII Berdasarkan Penelitian Analisis Korelasi Kanonik dari Persilangan Tanaman Kedelai”. Jurnal Pendidikan. Vol. 6 (2): hal 213-219.

Rahmadhania, Shinta Naurdah dan Qomariyah, Nur. 2024. The Development Of Student Worksheet Based On Discovery Learning Of Nervous System Material To Train Critical Thinking Skills Of 11Th Grades Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol (13) (1). Hal: 012-021.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sonia, Shela dan Yuliani. 2023. Validitas Dan Keterbacaan E-Book interaktif Enzim Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sma Kelas XII. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol (12) (3). Hal: 585-594.

Sugiharti, Naning dan Gayatri, Yuni. 2021. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Muhammadiyah Kota Surabaya Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pedago Biologi. Vol. 9 No. 1 (38-39).

Thiagarajan, S.1974. Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Wulandari, F., Yogica, R., dan Darussyamsu, R. 2021. “Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19”. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 15 (2). hal: 139-144.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 249 , PDF Downloads: 150

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.