Pengembangan Flipbook pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Nurul Aini Riftaul Hidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p32-44

Keywords:

Pendidikan Abad ke-21, Validitas Flipbook, Kepraktisan Flipbook, Keefektifan Flipbook

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mewajibkan siswa untuk menguasai keterampilan salah satunya yaitu keterampilan literasi sains Keterampilan literasi sains siswa mampu dilatih dengan penggunaan sumber belajar yang sesuai yaitu flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan flipbook materi keanekaragaman hayati yang layak untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Model pengembangan yang digunakan yakni model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Parameter penelitian ini berupa validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas flipbook berdasarkan penilaian validator ahli pendidikan dan ahli materi pada aspek penyajian, isi, serta kebahasaan. Kepraktisan flipbook diukur berdasarkan hasil keterbacaan flipbook, respons guru, dan respons siswa. Keefektifan flipbook berdasarkan nilai ketercapaian indikator keterampilan literasi sains siswa. Penelitian ini diuji coba secara terbatas pada 20 siswa dan 4 guru biologi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif melalui statistik sederhana berupa rata-rata dan persentase. Penelitian ini menghasilkan validitas flipbook mendapatkan persentase 99,73% (sangat valid). Kepraktisan flipbook ditunjukkan melalui hasil uji keterbacaan berada pada level 10, hasil respons guru mendapat persentase 95,23%, dan respons siswa memperoleh persentase 99,64% (sangat positif). Keefektifan flipbook berdasarkan hasil ketercapaian indikator keterampilan literasi sains dengan persentase 90,54 % (sangat baik). Flipbook pada materi keanekaragaman hayati dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai sarana dalam melatih literasi sains siswa kelas X SMA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanullah, M. A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 8(1): 37.

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis STEM pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 10(3): 635–646.

Andhani, N. D., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. 2020. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Invertebrata Kelas X. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 13(1): 17-21.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. 2021. Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains. 2(1): 491–500.

Ardhianti, F. 2022. Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. 1(1): 5–8.

Ayu, N. A., Suryanda, A., & Dewi, W. R. 2018. Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA di Jakarta Timur. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi. 7(2): 161–171.

Ayulistiana, D., & Yuliani. 2020. The Practicality Of Problem Solving E-Book in Plant Growth and Development Material to Train Critical Thinking Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 9(3): 560-564.

Baviskar, S. N., Hartle, R. T., & Whitney, T. 2014. Constructivism Theory and Learning Models. International Journal of Scince Education. 31(4): 541-550.

BSNP. 2014. Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Cahyadi, R. A. H. 2019. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis ADDIE Model. Halaqia: Islamic Education Journal. 3(1): 35-42.

Damayanti, A. N., & Raharjo, R. 2020. Validitas Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 9(3): 443–450.

Firda, A., & Suharni, S. 2022. Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(5): 3868–3876.

Fitri, H. M. M., & Rahayu, Y. S. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 11(1): 28–38.

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. 2022. Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 12(1): 1–11.

Herayana, Hadi, K., & Syamsu F. D. 2020. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Negeri Kaway XVI. Journal Bionatural. 7(1): 61-74.

Hermawan, I. 2019. Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Jannah, M., & Raharjo, R. 2019. Kelayakan Buku Ajar Berbasis Quantum Learning pada Materi Koordinasi untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 8(3): 34–40.

Jgunkola, B. J., & Ogunkula, B. J. 2014. Scientific Literacy: Conceptual Overview, Importannce, and Strategies for Improvement. Journal of Educational and Social Research. 3(1): 165-170.

Karmita, K., Sirih, M., & Ahmad, S. W. 2023. Pengaruh Literasi Sains dan Minat Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA. 4(2): 107–118.

Kemdikbudristek. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 06 H tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khairunnisa, F., & Mayrita. 2019. Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi Dengan Kurikulum. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. 4(1): 408–416.

Kinanti, L.P., & Sudirman, S. 2017. Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung. SOSIETAS. 7(1): 341–345.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. 2019. Pembelajaran Literasi Sains melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(2): 183–191.

Kundi, R., & Ducha, N. 2024. Validitas dan Keefektifan Buku Saku Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Penguasaan Literasi Sains dan Pemahaman Konsep Kelas XI IPA SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 13(1): 046–054.

Kusumawardhani, S., & Indana, S. 2020. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 10(1): 12–19.

Lutfianti, K. D. 2021. Analisis Kelayakan Isi Materi pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 3(1) : 24–31.

Machsun, S. F., & Indana, S. 2023. Pengembangan Flipbook Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Metabolisme Sel. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 12(1): 016–031.

Maya, M., & Murdiana, M. 2019. Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. KORDINAT. 18(2): 491–517.

Minakh, N., & Susantini, E. 2023. Kelayakan E-Flipbook Berbasis Hands-Minds on Activity untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Genetika. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 12(3): 664–672.

Mulyati, Y., & Damayanti, V. S., & Saadie, M. 2022. Membaca 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nashir, B. M., & Winarsih, W. 2020. Development E-Book of Flipbook Type on Environmental Change Material to Train Science Literacy Grade X High School. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 9(3): 553–559.

Nugraheni, N. C., Paidi, D., & Si, M. 2017. Kemampuan Literasi Sains Kelas X SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Topografi Wilayah Gunungkidul. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. 6(5): 261–271.

Nuzuli, A. K., Sari, R. J., Kurnia, P., & Indah, R. R. 2023. Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Manajemen Referensi di dalam Karya Ilmiah dengan Menggunakan Mendeley pada Mahasiswa Iain Kerinci. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. 4(1): 135–145.

OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) 2015 Result in Focus (Excellence And Equity In Education). (Online), (https://www.oecd.org/education/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm diakses pada 13 April 2023).

OECD. 2023. Programme for International Student Assesment (PISA) 2022 Result Volume I: The State of Learning and Equity in Education. (Online), (https://www.oecd.org/education/pisa-2015-results-volume-i-9789264266490-en.htm diakses 25 Juli 2024).

Permatasari, H. J., Prajoko, S., & Permadani, K. G. 2023. Development of Problem Based Learning (PBL) Biology Teaching Modules that Implement the Merdeka Curriculum on Excretion System and Reproductive System Materials. Indonesian Journal of Biology Education. 6(2): 101–107.

Pradita, R. M., & Lubis, F. 2018. Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Basastra. 7(4): 102-110.

Purnama, S. 2010. Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Indonesian Journal of Biology Education. 2(1): 113–129.

Purwito, Tryasrinestu, F., Maryani, Z, Rokhani, U., & Purwandari, R. 2016. Cinta Bahasa Indonesia Cinta Tanah Air, Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Putra, S. P. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Operasi Hitung Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(2): 1–16.

Rahayu, S., Ladamay, I., Wiyono, B. B., Susanti, R. H., & Purwito, N. R. 2021. Electronics Student Worksheet Based on Higher Order Thinking Skills for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education. 5(2): 453–460.

Rini, C. P., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 6(2): 166–179.

Rosikh, F., Sholihah, Z., Larasati, D. P., & Awalluddin, A. N. 2022. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab. Kilmatuna: Journal of Arabic Education. 02(02): 293–302.

Saraswati, Y., Indana, S., & Sudibyo, E. 2021. Science Literacy Profile of Senior High School Students Based on Knowledge, Competence, Cognitive, and Context Aspect. IJOBER: International Journal of Recent Educational Research. 2(3): 329-341.

Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. 2021. Miskonsepsi Guru pada Pemahaman Materi Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Kalimat. Jurnal Pendidikan Bahasa. 10(2): 106–117.

Sohilat, E. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV. Cakra.

Sugrah, N. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 19(2): 154-164.

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. 2018. Desain Video Pembelajaran yang Efektif pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3(2): 167–185.

Usman, Z., & Auna. 2023. Analisis Desain Sampul Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD. Journal of Education and Culture (JEaC). 10(10): 9-17

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika. 1(2): 147.

Wijayanti, R. N., & Isnawati. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 12(2): 298–310.

World Economic Forum (Wefusa). 2015. New Vision for Education Unclocking the Potential of Technology. (Online), (https://www3.weforum.org/docs/WEFUSA _NewVisionforEducation_Report2015.pdf diakses pada 20 April 2023).

Wulandari, N., & Sholihin, H. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. EDUSAINS. 8(1): 66–73.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 675 , PDF Downloads: 508

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.