Pengembangan Flipbook Berbasis Inkuiri pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Alissa Dyah Paramitha Putri Pramoesinto Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p110-122

Keywords:

Berpikir kritis , Flipbook , Inkuiri , Perubahan lingkungan

Abstract

Pembelajaran pada era-21 mengharuskan siswa untuk dapat menguasai kemampuan 4C (Critical Thinking- Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity) yang dapat dilatihkan dengan keterampilan berpikir kritis. Namun, kenyataannya banyak sekolah di Indonesia yang belum optimal memberdayakan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan flipbook berbasis inkuiri sebagai media pembelajaran materi perubahan lingkungan yang layak dari uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan guna melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) tanpa tahap disseminate. Uji validitas flipbook dilakukan oleh tiga validator, yakni dosen ahli materi, dosen ahli pendidikan dan satu guru biologi. Data hasil kepraktisan diperoleh dari observasi keterlaksanaan aktivitas siswa oleh tiga pengamat, serta angket respon siswa. Pengambilan data keefektifan flipbook dilakukan dengan perhitungan gain score melalui tes hasil belajar siswa menggunakan pre-test dan post-test. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan perolehan validitas flipbook yang menunjukkan hasil kategori sangat valid dengan persentase 96%. Uji kepraktisan flipbook terintegrasi dalam kategori sangat praktis dengan nilai 98% pada observasi keterlaksanaan aktivitas siswa dan 95% pada angket respon siswa. Uji keefektifan flipbook menunjukkan hasil persentase 90% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa flipbook berbasis inkuiri pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: berpikir kritis, flipbook, inkuiri, perubahan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Y. N., & Asri, M. T. 2020. Profil Miskonsepsi Siswa pada Submateri Struktur dan Fungsi Sel Menggunakan Four Tier Test. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 390-396.

Agustin, E. C., Kusumajanto, D. D., Wahyudi, H. D., & Hidayat, R. 2021. Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Builder pada Mata Pelajaran Marketing (Studi pada Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pendidikan, 163-171.

Akdon, Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Alwan, Muhammad. 2018. Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2(1).

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 94-99.

Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andi, Muharni, dkk. 2023. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Andikaningrum, L., Damayanti, W., & Dewi, C. 2014. Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga) (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aulia, E.V., Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. 2018. The Effectiveness of Guided Inquiry-Based Learning Material on Students’ Science Literacy Skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol.947, No.1, p. 012049). IOP Publishing.

Boskurt, Aras dkk. 2016. Use of Digital Books at Academic Level: Perceptions, Attitudes and Preferencesof Post-Graduate Students. International Journal of Human Sciences.13(1).

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Departemen Pendidikan Nasional.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaafah Learning Center.

Eviyanti, C., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. Jurnal Internasional Penelitian Novel dalam Pendidikan dan Pembelajaran, 138-144.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What Is and Why It Counts. Insight Assesment.

Fadilah, S., Purwanto, A., & Risdianto, E. 2018. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Alat-Alat Optik Kelas XI SMAN 1 Mukomuko. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 8-14.

Fitri, H. M. M. Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas XII MA, BioEdu. 11(1), 28-38.

Hamdani, M., Prayitno, B.A., Karyanto. P. 2019 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. 16(1), 139-145.

Hambali, Susi, Handayani. 2018) Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 8(2)

Hardiansyah, D. 2016Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. IT-EDU, 1(02).

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Herdani, T.P., Sartono, N., & Evriyani, D. 2015. Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta). Jurnal Biosfer, 8(1), 20- 28.

Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. 2021. Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 88-97.

Ilhamdi, M.L., & dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Kontekstual. 1(2), 49-57.

Italia, & Bahrin. (2018). Kemampuan Berpikir Kiritis dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa antara Model Pembelajaran PBL dan PBL Menggunakan Media ( Power Poin, Video, dan CD Interaktif pada Mata Kuliah Genetika II di Program Studi Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas . Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(1), 25–34.

Jayanti, U. N. A. D. 2020. Perubahan Lingkungan: Modul Inkuiri Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal. CV Multimedia Edukasi.

Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 12-17.

Kemdikbud. 2023. Kurikulum Merdeka. Retrieved from Kurikulum Merdeka: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., . . . Suprapno. 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Kurniawati, D. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 79-84.

Molan B. 2012. Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: PT. Indeks.

Mentari, D., dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-D Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal Of Science Education, 2(2), 131-135.

Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.

Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas.

Nieveen, N. 1999. Prototype to Reach Product Quality. Dalam Van den Akker, J., Approaches and tools in educational and training (hlm.126-135). Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Nurafifah, H, F. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inquiry Lesson terhadap Kemampuan Merencanakan Percobaan Siswa SMA pada Materi Perubahan Lingkungan. Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. 2018. Progamme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. Retrieved from oecd.org: https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Prabowo, Aan dan Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2(2).

Prasetya, Didik D. dkk., 2018. An Interactive Digital Book for Engineering Education Students. World Transactions on Engineering and Technology Education. 16(1).

Purwanti, Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya.

Rani, F. N., Napitupulu, E., & Hasratuddin. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP Negeri 3 Stabat. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Santika, M. T., SuIistiani, W. S., & Asih, T. 2020. Pengaruh Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Koordinasi KeIas XI SMA Negeri 5 Metro. Edubiolock, 1(2), 21–30.

Suripto, Fatmasari R., dan Purwantiningsih. 2014. Penggunan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan. Makalah disajikan dalam seminar Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik untuk Semua, Jakarta.

Thiagarajan, Sivasailam; And Others.1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation In. (Mc).

Utomo, N. P. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Tradis Biologi.

Widodo. 2016. Pengantar E-Book. Disampaikan dalam Bimbingan Teknik bagi Petugas Pengelola Perpustakaan Sekolah, yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Madiun, di Graha Eka Kapti Lantai II Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan.

Widyasari, L. A., Sarwanto, & Prayitno, B. A. 2013. Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Accelerated Learning melalui Concept Mapping dan Mind Mapping Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 247-254.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 342 , PDF Downloads: 181

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.