Pengembangan E-LKPD Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Materi Sistem Sirkulasi untuk Melatih Berpikir Kritis

Authors

  • Lusiati Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p62-74

Keywords:

E-LKPD, Berpikir kritis , Peserta didik.

Abstract

Salah satu elemen profil pelajar Pancasila yang harus dilatihkan kepada siswa yakni kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis bisa diajarkan selama pembelajaran melalui sumber belajar yang mendukung, antara lain E-LKPD berbasis pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Salah satu materi yang bisa digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis yaitu Sistem Sirkulasi Manusia. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Pengembangan E-LKPD ini merujuk pada model pengembangan 4D yang mencakup tahap-tahap define, design, develope, dan disseminate. Data validitas E-LKPD didapat dari hasil validasi tiga validator. Data kepraktisan E-LKPD didapat dari hasil angket respons peserta didik setelah menggunakan E-LKPD. Data keefektifan E-LKPD didapat dari hasil post test peserta didik setelah pembelajaran menggunakan E-LKPD. Hasil yang diperoleh menunjukkan validitas E- LKPD sebesar 3,97 dengan kategori sangat valid. Respons positif peserta didik sebesar 96,75%, sehingga E-LKPD berkategori sangat praktis. Ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100%, yang menyatakan bahwa E-LKPD berkategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan E-LKPD yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisiyah, Y. F. 2020. Efektivitas Penggunaan Fitur Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas 10 di SMA Muhammadiyah 10 GKB-Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. 1(1): 87-97.

Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. United States of America: The McGraw-Hill Companies.

Azizah, M. I., & Kuswanti, N. 2022. Pengembangan E- LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 11(2): 405-417.

Balela, G. S. A., Kaspul., & Arsyad, M.. 2021. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4(1): 180-188.

Bloom, B. S. 1965. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals.

Dachi, F. A., & Perdana, D. N. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic. 4(3): 15-22.

Dada, E. M. 2015. Spelling Errors: Causes, Influence on Student’s Performance in English Language Essay Writing and Strategies for Correcting Them. Case Studies Journal. 4(8): 66-70.

Facione, P. A. 2015. Chritical Thinking: What It Is and Why It Counts.

Hendrayana, S., & Alfaeni, D. 2024. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Pemahaman dan Penggunaan Bahasa dalam Komunikasi Sehari-hari Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1): 25-28.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. 2020. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Sma Dikawasan Pesisir Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2): 66-73.

Khanafiyah, S., & Rusilowati, A. 2010. Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Jenis Eksperimen dan Pemahaman Terhadap Materi Fisika. Jurnal Berkala Fisika. 13(2): 7-17.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. 2022. Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Mathematic Education Journal. 5(1): 13-18.

Nieveen, N. 1999. Prototyping To Reach Product Quality. Design approaches and tools in education and training. 125-135.

Ningtyas, E. A., Zaini, M., & Kaspul. 2023. Analisis Validitas LKPD Elektronik pada Konsep Perubahan Lingkungan Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1): 76-84.

Nurkhaliza, G. N., Hamid, A., & Suharto, B. 2018. Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Model Cooperative Script Dikolaborasikan dengan Model Think Pair and Share (TPS) berbantuan LKPD Level Representasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemistry and Education. 2(1): 25-32.

Riduwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setyowati, A., & Subali, B. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendekatan Fisika Indonesia. 7(2): 89-96

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 308 , PDF Downloads: 220

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.