Pengembangan E-Modul Biologi Menggunakan Sigil Software untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Virus

Authors

  • Bayu Aji Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p292-304

Keywords:

E-modul, hasil belajar, virus, pendidikan berkualitas

Abstract

Keberadaan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang dengan cepat ditemui pada abad ke-21. Pada abad 21 ada penuntutan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia serta Pendidikan. Terlebih lagi kondisi pendidikan di Indonesia yang sekarang mengalami perubahan kurikulum menjadi kurikulum Merdeka memungkinkan guru dan siswa belajar secara bersamaan. Hal ini menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif dan produktif. dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi. Era revolusi industri 4.0 membuat segala kemudahan melakukan kegiatan pembelajaran berbasis digital dan internet. Dalam penelitian ini, peneliti akan membuat suatu E-modul. E-modul yang dikembangkan berbantuan Sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi virus. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-modul. Rancangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validitas E-modul dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 92,36%. Kepraktisan E-modul dinyatakan sangat praktis dengan pemerolehan persentase 97,43% dan hasil uji keterbacaan pada tingkat 9 dengan kategori praktis. Keefektifan E-modul dalam aspek kognitif terkait analisis N-Gain hasil pretest dan posttest dinyatakan efektif dengan pemerolehan skor n-Gain sebesar 0,75 serta persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100% dikategorikan tinggi dan tuntas. Hasil belajar siswa pada aspek afektif sebesar 96% termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar sikap yang diperoleh termasuk tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Pada aspek psikomotorik hasil belajar yang diperoleh sebesar 94% dalam kategori sangat baik dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, E-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif, praktis, dan valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Amalia, F. R. K. 2017. Efektifitas Penggunaan E-Book Dengan Sigil Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika dan Pembelajarannya, 84.

Amirono & Daryanto. 2016. Evaluasi dan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Fitri, Diya Mila. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD/MI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Hamid, A. dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hidayat, R. 2017. Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format Epub. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3 (1).

Hidayati, P.P., Ahmad, A., dan Inggriyani, F. 2018. Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahapeserta didik PGSD. Mimbar Sekolah Dasar. 5(2): 116-124.

Kemendikbud. 2017. Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta. Diakses melalui https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/Buku_Teks_dan_Pengayaan-.pdf pada 14 Januari 2024.

Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. 2015. Pemanfaatan Software Sigil Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah , Murah Dan User Friendly Dengan Format Epub Sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 6(8), 25–30.

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A.I., Arpan, A., Hasibuan, A.F.H., Wirapraja, A., Saputra, D.H., Sugianto, S., Jamaludin, J. dan Arifah, F.N., 2020. Teaching from home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar. Yayasan Kita Menulis. Medan

Mulyati, Y., Damianti, V.S., Sa’adie, M. 2022. Membaca 2. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Mulyatiningsih, E. 2016. Pengembangan model pembelajaran.URL:http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf. Diakses pada 7 April 2023.

Oksa, S., & Soenarto, S. 2020. Pengembangan E-modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99-111.

Pangestuti, A.M. 2023. Pengembangan E-Book Kalor dan Perpindahan Berbasis Multirepresentasi Dinamisuntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Universitas Jember.

Permendikbud Nomor 104. 2014. Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta.

Pertiwi, A.D., Nurfatimah, S.A. dan Hasna, S. 2022. Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2): 8839- 8848.

Pradini, N. N. 2015. Penerapan Media Animasi Interaktif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Sub Materi Daur Biogeokimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Magetan. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ramadayanti, M., Sutarno, & Risdianto, E. 2021. Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Multiple Representation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24. Doi:https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Rindaryati, N. 2021. “E-modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 192-199.

Rumbewas, A. B. P. dan Purnomo, T. 2024. Pengembangan E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu). 13(1): 228-242.

Safitri, A.O., Yunianti, V. D., Rostika, D. 2022. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, Vol 6 No. 4

Satriani. 2022. Tingkat keterbacaan Teks Bacaan pada Buku Ajar Bahasa Daerah Makasar Kelas VI SD Sipakalakbirik Berdasarkan Konsep Fry. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makasar.

Satya, V. E. 2018. “Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0”. Info Singkat, X (09), 19-24.

Sudagung, A.D., Putri, V., Evan, J., Sasiva, I., Olifiani, L.P. 2019. Upaya Indonesia mencapai target Sustainable Development Goals Bidang Pendidikan di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (2014-2019). Jurnal Polinter, Vol 5 No. 1

Sugiyono, D. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Wijayanti, T.E. 2019. Pengembangan Flipbook Berbasi Multiple Intelligence pada Materi Substansi Genetika untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8(2): 253-259.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 36

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.