Pengembangan Flipbook Interaktif Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Materi Sistem Pernapasan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains

Authors

  • Abdurrahman Assalimi Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p363-373

Keywords:

literasi sains, literasi, STEM

Abstract

Literasi sains adalah satu keterampilan yang harus dikuasai pada abad 21. Berdasarkan hasil asesmen pisa, literasi sains di Indonesia masih masuk dalam kategori rendah. Salah satu pembelajaran yang bisa digunakan dalam melatihkan literasi sains adalah Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). STEM diintegrasikan dengan bahan ajar agar lebih memudahkan pembelajaran. Flipbook merupakan format buku digital yang dirancang dengan  berbagai fitur untuk mendukung peningkatkan literasi sains. Tujuan dilaksanakan penelitian untuk mengembangkan flipbook berbasis STEM pada materi sistem pernapasan untuk melatihkan keterampilan literasi sains yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model 4-D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa flipbook yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan tingkat validitas mencapai 94,78%, yang dikategorikan sebagai sangat valid. Hasil angket respons pengguna menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 97,31%, yang menunjukkan bahwa flipbook ini sangat praktis. Keefektifan flipbook diukur berdasarkan peningkatan n-Gain, dengan skor 0,84 yang masuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa flipbook berbasis STEM pada materi sistem pernapasan yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam melatihkan keterampilan literasi sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken, Lewis R. 1997. Psychological Testing and Assesment (Ninth Edition)

Ambrose, S.A. dkk.. 2010. How Learning Works Seven Research-Based Principles for Smart Teaching. San Francisco: Jossey-Bass

Ardianti dkk. 2019. Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul EthnoEdutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14 (1), 1-24.

Aprilia, T. 2017. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknodika 74. 15(02), 74–82.

Chotimah, Chusnul dan Muhammad Fathurrohman. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Davidi, I.E., Sennen, E., & Supard, K. 2021. Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1):11-22.

Damayanti, A. N. 2020. Validitas Flipbook interaktif pada materi sistem pernapasan manusia untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA. Jurnal bioedu, 9(3), 443-450.

Gronlund, Norman E. 1982. Constructing Achievement Test. London: Prentise-Hall, Inc.

Irsan, I. 2021. Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639.

Jayawardana, H.B. 2017. Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1): 12-17.

Karinaningsih. 2010. Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Bandung : Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer UPI.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Sains Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Sekertariat Tim GLN Kemendikbud.

Mayasari, T., Kadorahman, A., & Rusdiana, D. 2014. Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technology, Engineering , And Mathemathics (STEM) Pada Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Meta Analisis. Surabaya: UNESA Prosiding Semnas Pensa VI “Peran Literasi Sains”, 371-377.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 3 (1): 171-187

OECD. 2018. PISA 2015. PISA Result in Focus. Paris: PISA-OECD Publishing.

OECD. 2019. PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISAOECD Publishing

OECD 2023. PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Riduwan. 2013 . Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Safitri, I. N. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Perspektif Gender. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Salafiyah, dkk. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis STEM Materi Bakteri Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi.

Supardi. 2020. Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil

Suparman. 2020. Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250-256.

Suryanda, dkk. 2019. Validasi Ahli Pada Pengembangan Buku Biologi Berbantuan Mind Map (BIOMAP). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 5(3). 197-214

Torlakson. T. 2014. Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction

UNEP. 2012. 21 Issues for the 21st Century: Result of the UNEP Foresight Process on Emerging Environmental Issues, Nairobi, Kenya : United Nations Environment Programme.

World Economic Forum. 2015. New Vision for Education Unclocking the Potential of Technology.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 58

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.