Pengembangan LKPD Guided Discovery Berbantu Media Phet Simulasi Materi Ekspresi Gen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Peserta Didik Kelas XII

Authors

  • Devina Rizky Rosalinur Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p475-482

Keywords:

LKPD, guided discovery, PhET simulasi, KPST, SMA

Abstract

Keterampilan Proses Sains Terintegrasi (KPST) adalah kemampuan yang melibatkan serangkaian aktivitas ilmiah yang mengandalkan dasar-dasar keterampilan untuk membangun pengetahuan sekaligus memperdalam pemahaman melalui kegiatan investigasi. Penerapan model pembelajaran guided discovery dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pengembangan KPST. Penelitian ini bertujuan menciptakan LKPD valid, praktis, dan efektif. LKPD yang dirancang berbantu laboratorium virtual berbasis simulasi PhET dengan materi ekspresi gen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan pengembangan menggunakan model ADDIE, meliputi tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar validasi LKPD, lembar observasi pelaksanaan LKPD, lembar tanggapan peserta didik, serta lembar soal pretest dan posttest. Validasi menunjukkan skor 3,85 yang menandakan LKPD sangat valid. Observasi pelaksanaan mendapatkan persentase 100%, sehingga tergolong sangat praktis. Respon positif yang diberikan peserta didik terhadap LKPD sebesar 94,53%  termasuk kategori sangat praktis. Peningkatan KPST terlihat dari nilai N-gain sebesar 0,89 yang termasuk dalam kategori tinggi. Indikator KPST mencapai 58,07% pada pre-test dan meningkat menjadi 94,60% pada post-test. Kesimpulannya LKPD guided discovery dengan berbantu simulasi PhET yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, S. D., & Yuliani, Y. 2020. The Validity and Practicality of Student Worksheet Based on Guided discovery to Practice Integrated Science Process Skills in Class XII Enzyme Submaterials. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 422–432. Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 422–432.

Astuti, P., Sari, R., & Wibowo, A. 2020. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teknologi Terhadap Motivasi Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1-10.

Budiningsih, A. 2015. Teori Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. 2019. Physics Education Students’ Science Process Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293–298.

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. 2017. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Sikap Ilmiah pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 60–67.

Hariadi, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Gambar Proses dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5):433-441.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., & Ayu, H.D. 2022. Analisis Keterampilan Abad 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7 (1), 39-53.

Kristyowati, R. 2018. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. 284.

Mardaleni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Miller, B.A.K., Stenvenson, A.D., & Casler-Failing, S.L. 2021. Expanding STEM Membership: Using Science Process Skills in a Social Justice Curriculum to Combat Stereotype Threats and Build Self Efficacy in African American Students. Journal of Educational Research and Practice, 11(1), 257–276.

Nur, M., Anwar, Y., & Hasanah, N. 2021. Problem-Based Learning In Science: A Review Of Literature. Journal of Science Education Research, 5(2), 134–140.

Nusantari, E. 2018. Analisis dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Genetika Buku SMA Kelas XII. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 72-85.

Rouinfar, D., & Dalton, B. 2023. Gene Expression Essentials: Tips for Teachers. PhET Interactive Simulations, University of Colorado Boulder.

Sihafudin, A., & Trimulyono, G. 2020. Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 73–79.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumarni, W., & Widodo, W. 2019. Project-Based Learning Model To Develop Scientific Attitude And Creative Thinking Skills Of Undergraduate Chemistry Students. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 122–132.

Suparman, U., Sutopo, & Rahmawati, Y. 2020. Enhancing Students’ Science Process Skills Through Guided Inquiry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 022059.

Syaifudin, M. 2022. Efektivitas E-LKPD Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Numerasi dan Sains dalam Pembelajaran Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Purbalingga. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2 (2), 211-220.

Tyas, R. A., Wilujeng, I., dan Suyanta, S. 2020. Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Jajanan Lokal Daerah Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 6 (1): hal. 114-125.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 82 , PDF Downloads: 35

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.