Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berorientasi Project Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Arida Ajeng Wahyu Anggrawina Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p483-491

Keywords:

E-LKPD, project based-learning, berpikir kritis

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan abad 21. Untuk melatih keterampilan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. E-LKPD merupakan media pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan peserta didik dan melatih keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berorientasi project based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Parameter penelitian yang diukur adalah validitas dan kepraktisan E-LKPD. Validitas ditinjau dari penyajian, isi, dan bahasa. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan E-LKPD dan respon peserta didik setelah menggunakan E-LKPD. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, validitas E-LKPD sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan E-LKPD berdasarkan keterlaksanaan E-LKPD sebesar 98,93% dengan kriteria sangat baik dan respon peserta didik sebesar 99,1% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD berorientasi PjBL dinilai valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, L., Setyarsih, W., 2019. Critical Thinking Skills Profile in Decision Making on Optical Materials At SMA Negeri 10 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2) : 583 – 588

Elfina dan Ike, S. 2020. Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Soiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1) : 166-168.

Facione, Peter A. 2020. What the Data Tell Us About Human Reasoning. USA. Publish by Insight Assessment

Fitrahtunnisa, Adnan, Daud. 2022. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Sains. Jurnal Amal Pendidikan, 3 (3) : 189-197

Hidayat & Hidayati. 2023. Keterlaksanaan dan Respons Siswa Terhadap Penerapan Guided Inquiry Berbantuan LKPD Berorientasi Socio-Scientific Issues. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains,11 (3) : 237-242

Hurrahma, M., Sylvia, I. 2022. Efektivitas E-LKPD Berbasis Liveworksheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Jurnal Sokola : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1) : 14-22

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2) : 3011 – 3024

Julian, Suparman. 2019. Analisis Kebutuhan e-LKPD untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 213-217.

Kawuryan, S. P., Sayuti, S.A., Aman. 2022. Critical Thinking in English among Fourth Grade Elementary School Students: A Gender Perspective. Cakrawala Pendidikan, 41 (1) : 211-224

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Laporan Kinerja 2019 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jakarta.

Naafi, A., Aloysius C., Susriyati, M. 2017. Hubungan Antara Pretest dan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Model Pembelajaran RQA Dipadu CPS di Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 172-177.

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (Jips), 2 : 42–51

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. In The Language of Science Education (Vol. 1). https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Putri, Sutiadiningsih, Nurlaela, & Purwidiani. 2021. Hubungan Penerapan Project Based Learning Portofolio Proses dengan Kemampuan Berpikir Kritis dan Bertanggung Jawab. Jurnal Tata Boga, 10 (1) : 2301-5012.

Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Roswati, E., Hernawan, E., & Ardiansyah, R. 2019. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Psikotropika. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya (SN - Biosfer), 262 –268.

Salim. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Siti. A.S., Muhammad, M., & Zaid, A.W. 2021. Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Surakarta :Muhammadiyah University Press.

Susantini. 2024. Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press

Wahyuni D & Zulyusri. 2023. Meta Analisis Validitas Penggunaan LKPD sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3) : 1485 - 1491

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 192 , PDF Downloads: 59

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.