PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (USIA 4-6 TAHUN) DI TAMAN KANAKKANAK ASSALAM SURABAYA
Abstract
Abstrak
The purpose of this research are to get whole outlook and description about independence development of early
age children (4-6th) in Assalam Kindergarten Surabaya, to object the rate of independence development of early
age children (4-6th) in Assalam Kindergarten Surabaya. This research were using qualitative approach. The
data was collected with interview, observation and documentation method. Data analysis were using thematic
analysis, data presentation and verification by qualitative design. This research was set in Assalam Kindergarten
Surabaya. The results of this research shown that independence development at 1st Respondent and 2nd
Respondent was good. But at 3rd Respondent, independence development was shown not good enough in results.
Keywords: Development, Independence, Early Age Childern, Kindergarten, Assalam.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan deskripsi mengenai perkembangan
kemandirian anak usia dini (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya, untuk mengetahui laju
perkembangan anak usia dini (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik, penyajian data dan pengambilan kesimpulan
(verifikasi) secara kualitatif. Setting penelitian di TK ASSALAM Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ditemukan bahwa perkembangan kemandirian yang baik pada responden I (satu) dan responden II
(dua). Namun pada responden III (tiga) perkembangan kemandiriannya kurang baik.
Kata Kunci: Perkembangan, Kemandirian, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak, Assalam.
PDF Downloads: 1072