Penggunaan Media Sosial pada Generasi Z

Authors

  • Yuan Fitrotin Nafisah Universitas Negeri Surabaya
  • Miftakhul Jannah

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p705-713

Keywords:

Penggunaan, media sosial, generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunana media sosial pada generasi Z. Fenomena penelitian ini merupakan tingginya penggunana media sosial pada generasi Z yang menimbulkan beberapa efek negatif yang mereka alami. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis non-eksperimen. Populasi pada penelitian berjulah 1427 generasi Z di kampus X. Teknik sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan jenis cluster sampling, yang mana sampel yang diperoleh sebanyak 312 mahasiswa generasi Z. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur skala penggunaan media sosial yang disebar secara offline maupun online. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan kategorisasi dengan bantuan JASP for windows dan Ms. Excel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai max pada penggunaan media sosial sebesar 50 dan nilai min sebesar 20, mean = 35,708, standar deviasi = 5,363. Hasil kategorisasi yang diperoleh dari analisis deskriptif penggunaan media sosial pada mahasiswa generasi Z berada pada tingkat sedang sebesar 108 dengan presentase 35%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Nafisah, Y. F., & Jannah, M. (2024). Penggunaan Media Sosial pada Generasi Z. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 705–713. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p705-713
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 59

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.