Hubungan antara Harga Diri dengan Peran Diri pada Remaja Pengguna Media Sosial

Authors

  • Widya Chafidhotul Muthoharoh Universitas Negeri Surabaya
  • Hana Rahadatul Aisy Universitas Negeri Surabaya
  • Gracia Defina Tumole Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p29-37

Keywords:

Harga diri, remaja, peran diri

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah membuat kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari  media sosial yang merupakan komponen penting, terutama bagi remaja yang aktif menggunakannya. Remaja sering membagikan aktivitas sehari-hari di media sosial dan cenderung merasa senang jika unggahannya mendapat perhatian berupa like atau komentar positif. Sebaliknya, mereka mungkin merasa kurang percaya diri bila tidak mendapat perhatian. Berdasarkan teori Maslow, pemenuhan kebutuhan martabat seseorang mendorong mereka untuk mengejar aktualisasi diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan peran diri pada remaja pengguna media sosial. Menggunakan metode survei korelasional dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dan peran diri, dengan nilai korelasi yang kuat (r = 0,676 > 0,5) dan signifikan (p < 0,001 < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Uji deskriptif mengungkapkan bahwa rata-rata tingkat harga diri remaja pengguna media sosial adalah 74,462 (kategori tinggi, dengan nilai maksimal 94), dan rata-rata tingkat peran diri sebesar 28,839 (kategori tinggi, dengan nilai maksimal 39). Hasil yang ditunjukkan berupa semakin tinggi harga diri remaja, semakin tinggi pula peran diri mereka dalam penggunaan media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyandari, M. A., & Estria, S. R. (2020). Konsep diri pada mahasiswa yang memiliki jerawat tingkat sedang dan berat di fakultas ilmu kesehatan universitas muhammadiyah purwokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/5287.

Colak, M., Bingol, O. S., & Dayi, A. (2023). Self-esteem and social media addiction level in adolescents: The mediating role of body image. Indian Journal of Psychiatry, 65(5), 595-600. https://dx.doi.org/10.4103/indianjpsychiatry.indianjpsychiatry_306_22.

Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. W.H. Freeman and Company.

Fazriyati, W. (2013, September 18th). Perilaku Di Facebook Cermin Masalah Penerimaan Diri. Retrieved from https://health.kompas.com/read/2013/09/18/1625487/Perilaku.di.Facebook.Cermin.Masalah.Penerimaan.Diri.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Unesa University Press.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4). https://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4832.

Preckel, F., Niepel, C., Schneider, M., & Brunner, M. (2013). Self-concept in adolescence: A Longitudinal study on reciprocal effects of Self-perceptions in academic and social Domains. Journal of Adolescence, 36(6), 1165–1175. https://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2013.09.001.

Schemmel, C. (2018). Real self-respect and its social bases. Canadian Journal of Philosophy, 5091, 1–24. https://dx.doi.org/10.1080/00455091.2018.1463840.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tibber, M. S., Zhao, J., & Butler, S. (2020). The association between self-esteem and dimensions and classes of cross-platform social media use in a sample of emerging adults – Evidence from regression and latent class analyses. Computers in Human Behavior, 109, 106371. https://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2020.106371.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Muthoharoh, W. C., Aisy, H. R., & Tumole, G. D. (2025). Hubungan antara Harga Diri dengan Peran Diri pada Remaja Pengguna Media Sosial . Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 29–37. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p29-37
Abstract views: 173 , PDF Downloads: 109

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.