HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN AUTONOMY SUPPORT DENGAN JOB CRAFTING PADA GURU SMAN 2 BLITAR

  • Erlina Yupra Handayani Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sumber daya manusia pada lembaga pendidikan di Indonesia masih dibutuhkan perhatian khususnya dalam meningkatkan rasa inisiatif pada para guru dalam melakukan pekerjaanya yang dalam hal ini dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan pemberian sistem autonomy support dari kepala sekolah yang memberikan kebebasan bagi para guru dalam mengerjakan tugas-tugasnya secara kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan autonomy support terhadap job crafting pada guru di SMAN 2 Blitar, Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dimana peneliti mengambil partisipan sebanyak 75 guru di SMAN 2 Blitar dengan rincian

30 guru sebagai sebagai pengambilan data tryout dan 45 guru yang terpilih akan dilakukan sebagai pengambilan   data.   Skala   yang   dibuat   disusun   berdasarkan   teori   masing-masing   variabel   yang menggunakan uji analisis regresi berganda dengan bantuan IBM SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional dan autonomy support dengan job crafting pada guru di SMAN 2 Blitar. Hubungan kedua variabel dapat diartikan searah dikarenakan semakin tinggi kepemimpinan transformasional dan autonomy support maka semakin tinggi pula hasil yang didapatkan pada job crafting.

Kata Kunci: job crafting, kepemimpinan transformasional, autonomy support

 

 

Abstract

Human resources in educational institutions in Indonesia still need attention, especially in increasing the sense of initiative for teacher in doing their work, which in this case influenced by the transformational leadership style of the principal and the provision of an autonomy support system from the principal which  provides  freedom  for  teachers  to  carry  out  their  duties.  This  study  aims  to  determine  the relationship between the principal's transformational leadership and autonomy support on job crafting for teachers at SMAN 2 Blitar. This research method uses quantitative methods with research instruments using a questionnaire with a Likert scale. The sampling technique in this study used a multiple regression analysis technique where the researcher took 75 employees at SMAN 2 Blitar with the details of 30 employees being used as tryouts and 45 employees being used as data retrieval. The scale made is compiled based on the theory of each variable using the multiple regression analysis test with the help of IBM SPSS 25.0 for windows. The results showed that there was a positive and significant relationship between transformational leadership and autonomy support with job crafting for teachers at SMAN 2

Blitar. Relationship between the two variables can be interpretation as unidirectional because the higher transformational leadership and autonomy support, the higher the results obtained on job crafting. Keywords: job crafting, transformational leadership, autonomy support

Published
2021-07-05
How to Cite
Handayani, E., & Budiani, M. (2021). HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN AUTONOMY SUPPORT DENGAN JOB CRAFTING PADA GURU SMAN 2 BLITAR. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 111-125. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41204
Abstract Views: 212
PDF Downloads: 259