HUBUNGAN ANTARA PARENTING STRESS DENGAN PARENTING SELF-EFFICACY PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL

  • Intan Putri Asiyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parenting stress dengan parenting self- efficacy pada ibu yang memiliki anak Disabilitas Intelektual (DI). Parenting stress merupakan keadaan tegang dan cemas yang berlebihan terkait dengan peran sebagai orang tua. Kunci utama untuk dapat bertahan dari tantangan dan tuntutan yang dapat memicu parenting stress adalah komitmen orang tua dalam menjalankan praktik parenting, dengan kata lain parenting self- efficacy. Parenting self-efficacy merupakan persepsi orang tua terhadap kemampuan mereka terkait tugas dalam pelaksanaan praktik parenting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak DI usia 6 sampai dengan 12 tahun yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) sebanyak 74 subjek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi pearson product moment dengan bantuan perangkat lunak komputer. Nilai koefisien korelasi antara variabel parenting stress dengan variabel parenting self-efficacy adalah sebesar -0,494. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang bernilai negatif antara parenting stress dengan parenting self-efficacy pada ibu yang memiliki anak DI.

Kata Kunci: parenting stress, parenting self-efficacy, disabilitas intelektual

 

Abstract

This research aimed to analyse the relationship between parenting stress and parenting self- efficacy among mothers who have children with intellectual disabilities. Parenting stress is a condition of excessive tension and anxiety associated with parenting. The main key to survive the challenges and demands that can trigger parenting stress is the commitment of parents in carrying out the parenting practices, in other words parenting self-efficacy. Parenting self-efficacy is the perception of parents on their abilities related to tasks in implementing parenting practices. The method used in this research is a quantitative research method, with correlation techniques. The subjects in this research were mothers who had children aged 6 to 12 years who attended Special School (SLB) as many as 74 subjects. The data analysis techniques used is the pearson product moment correlation test with the help of computer software. The value of the correlation coefficient between parenting stress and parenting self-efficacy is -0.494. The results indicate that there is a significant negative relationship between parenting stress and parenting self-efficacy in mothers who have intellectual disabilities.

Keywords: parenting stress, parenting self-efficacy, intellectual disability

Published
2021-07-05
How to Cite
Asiyadi, I., & Jannah, M. (2021). HUBUNGAN ANTARA PARENTING STRESS DENGAN PARENTING SELF-EFFICACY PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 122-132. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41311
Abstract Views: 356
PDF Downloads: 960