HUBUNGAN ANTARA PEER ATTACHMENT DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU PSIKOLOGI UNESA SELAMA MASA PANDEMI

Authors

  • Anisa Eka Septiningwulan Universitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i8.41673

Abstract

Abstrak  

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada setiap aspek kehidupan, salah satunya turut dialami oleh mahasiswa yang harus melakukan perkuliahan secara online. Mahasiswa baru Psikologi Unesa yang belum melakukan perkuliahan secara langsung harus mampu menyesuaikan diri dengan lebih baik. Penyesuaian diri khususnya yang dilakukan di perguruan tinggi harus dilakukan karena adanya lingkungan dan sistem perkuliahan yang baru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat keterkaitan antara peer attachment dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru Psikologi Unesa selama masa pandemi. Penelitian ini melibatkan semua mahasiswa baru Psikologi Unesa yaitu mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2 sejumlah 228 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik analisis yang digunakan berupa product moment pearson yang digunakan untuk mencari hubungan antara kedua variabel. Hasilnya diperoleh korelasi sebesar 0,239 yang menandakan bahwa adanya hubungan yang rendah antara variabel peer attachment dengan penyesuaian diri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peer attachment adalah satu variabel yang dapat melihat tingkat penyesuaian diri mahasiswa baru dalam menyesuaikan diri khususnya di lingkungan perguruan tinggi selama kegiatan perkuliahan secara online dilakukan. Pada penelitian ini diketahui pula bahwa jenis kelamin dan beda angkatan dapat mempengaruhi tingkat penyesuaian diri pada mahasiswa baru Psikologi Unesa.

 

Kata Kunci: peer attachment, penyesuaian diri, mahasiswa, perguruan tinggi

 

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a major impact on every aspect of life, one of which is experienced by students who have to conduct lectures online. New Unesa Psychology students who have not done lectures directly must be able to adapt better. Adjustments, especially those carried out in universities, must be carried out because of the new environment and lecture system. This study was conducted with the aim of looking at the relationship between peer attachment and self-adjustment in Unesa Psychology new students during the pandemic. This study involved all new Unesa Psychology students, namely level 1 and level 2 students totaling 228 students. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The analysis technique used in the form of Pearson's product moment was chosen to find the relationship between the two variables. The result is a correlation of 0.239 which indicates that there is a low relationship between the peer attacehmnt variable and self-adjustment. Based on the results of the study, it is known that peer attachment is a variable that can see the level of adjustment of new students in adjusting themselves, especially in the university environment during online lecture activities. In this study, it is also known that gender and different generations can affect the level of adjustment of new students of Psychology Unesa.

 

Keyword: peer attachment, self adjustment, student, college

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Septiningwulan, A. E., & Dewi, D. K. (2021). HUBUNGAN ANTARA PEER ATTACHMENT DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU PSIKOLOGI UNESA SELAMA MASA PANDEMI. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 44–56. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i8.41673
Abstract views: 1263 , PDF Downloads: 1437

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>