Hubungan antara Adiksi Game Online dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMK X

Authors

  • Zahiroh Tsabita Universitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p663-675

Keywords:

Prokrastinasi akademik, Adiksi Game Online, Game Online

Abstract

Adiksi game online merupakan suatu kondisi di mana individu secara berlebihan dan terus-menerus bermain game online. Keterlibatan yang intens dalam bermain game dapat menyebabkan individu mengabaikan berbagai aktivitas penting lainnya, termasuk kewajiban akademik. Kondisi ini berpotensi menimbulkan perilaku menunda penyelesaian tugas akademik atau dapat disebut dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi game online dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas X dan XI, dengan jumlah total 308 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan uji Pearson Product Moment menggunakan perangkat lunak SPSS 22 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,602 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,00. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan dengan tingkat kekuatan sedang antara adiksi game online dan prokrastinasi akademik pada siswa SMK.

Abstract

Online game addiction is a condition in which an individual engages excessively and continuously in online gaming. Intense involvement in gaming activities can lead individuals to neglect various other important responsibilities, including academic obligations. This condition has the potential to result in the postponement of academic task completion, a behavior commonly referred to as academic procrastination. This study aims to examine the relationship between online game addiction and academic procrastination among high school (SMK) students. The research employed a quantitative approach with data collection conducted through a questionnaire distributed via Google Forms. The population in this study consisted of 308 students from 10th and 11th grades. The data were analyzed using correlational analysis with the Pearson Product Moment correlation test, assisted by SPSS version 22 for Windows. The results of the analysis showed a correlation coefficient (r) of 0.602 with a significance value (p) of 0.00. These findings indicate a significant positive relationship of moderate strength between online game addiction and academic procrastination among vocational high school students.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Damajanti Kusuma Dewi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi

References

Alajaili, H. M. A., & Barella, Y. (2023). Exploring The Factors And Experiences Of Academic Procrastination Among Libyan Students: A Qualitative Study. Journal on Education, 05(04), 17738–17744. https://doi.org/http://jonedu.org/index.php/joe

Astuti, S. R. P. (2021). Kontribusi Self-Control dan Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Lambung Mangkurat, 3(1), 76–86. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.1.1590

Baskara, N. F. C., & Zainuddin, A. (2023). Pengaruh Game online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Sd Negeri Cemoro. 6(4), 2058–2066. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7627

Dwisyahputra, N. Z., Adhiana, P. S., Srikandi, A., & Widodo, E. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Prokastinasi Akademik Mahasiswa Statistika Uii. Jurnal Bayesian : Jurnal Ilmiah Statistika Dan Ekonometrika, 1(1), 91–95. https://doi.org/10.46306/bay.v1i1.51

Fitriani, F., Saputri, E. D., Sari, M. P. ], Anugrah, R., & Apriyadi. (2023). Perbedaan Gender Terhadap Kecanduan Internet Dan Game Online Pada Remaja. Journal of Communication and Social Sciences, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.61994/jcss.v1i2.330

Hr, V. S., & Fikry, Z. (2023). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Slot dengan Prokrastinasi Akademik pada Remaja di Kota Padang Panjang. Journal on Education, 05(04), 14501–14509. http://jonedu.org/index.php/joe

Ikbal, I., Wikanengsih, & Septian, M. R. (2021). Profil Tingkat Kecanduan Game Online Peserta Didikkelas Xma Plus Al Mujammil Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 56. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6138

Jamila. (2020). Konsep prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal EduTech, 6(2), 257–261. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/4935

Jannah, D. S. M., & Setiyowati, N. (2024). Systematic Literature Review Using Big Data Analysis: Cyberbullying dan Forgiveness pada Remaja. Psyche 165 Journal, 17(1), 33–40. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v17i1.325

Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. In UNESA University Press.

Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388. https://doi.org/10.29210/30031579000

Khoirunnisa, R. N., Soetjipto, B. E., Chusniyah, T., Rahmawati, H., & Boonroungut, C. (2019). Academic Self-Efficacy and Future Time Prespective Predict Academik Procrastination : The Mediating Function of Academic Self-Control. International Journal of Body, Mind and Culture, 11(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10/22122/ijbmc.v11i5.806

Kristiawan, A., & Yunanto, K. T. (2021). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kecanduan Game Online. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 14–24. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458

Lestari, E., & Dewi, D. K. (2024). Hubungan antara Kesepian dengan Kecanduan Game Online pada Remaja Usia 18-25 Tahun. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 2526–2539. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AHubungan

Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020). Kecanduan Game Online Dengan Insomnia Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 8(2), 18. https://doi.org/10.35790/jkp.v8i2.32318

Mujirohmawati, N., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik pada siswa. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 116–124. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25331

Pramesti, A., Sholihati Embrik, I., & Pratiwi, A. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Jurnal Dunia Ilmu Kesehatan (JURDIKES), 1(2), 45–49. https://doi.org/10.59435/jurdikes.v1i2.156

Putri, D. P., Yuliansyah, M., & Handayani, E. S. (2023). Adiksi Game Online Dan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik Di Smkn Martapura. Open Journal Systems, 17(6), 1214. https://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/245

Radandi, M. N. P., Salsabila, S., Dalina, D., Desrina, T. I., Nurrahman, S., & Delin, L. O. D. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Keterampilan Sosial Pada Remaja Gen Z. Educate : Journal Of Education and Learning, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.61994/educate.v1i2.121

Rangkuti, R. P., Nasution, I. K., & Yurliani, R. (2021). Kecenderungan kecanduan game online pada remaja selama masa pandemi COVID-19. Prosiding Temu Ilmiah Nasional, 2(1), 1–48. https://ojs.unm.ac.id/Temilnas/article/view/20039

Rusminah, Siswanto, & Ferdiansyah, A. (2024). Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 10(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.56186/jkkb.134 Abstrak

Sakina, F., Insan, I., & Hendrayadi. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Psimawa, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.36761/jp.v5i1.1594

Sari, I. N., & Lestari, S. (2023). Perfeksionisme dan Manajemen Waktu Sebagai Prediktor Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 11(1), 29–43. https://doi.org/10.24854/jps.v11i2.2975

Soleh, M., Burhani, M. I., & Atmasari, L. (2022). Hubungan antara Locus of Control dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi IAIN Kediri. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 4(2), 104–115. https://doi.org/10.30762/happiness.v4i2.366

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. In Journal of Counseling Psychology (Vol. 31, Issue 4, pp. 503–509). https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Surbakti, Tr. P. D., Rafiyah, I., & Setiawan. (2022). Level Of Online Game Addiction On Adolescents. Journal of Nursing Care, 5(3). https://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/39044/19269

Svartdal, F., Dahl, T. I., Gamst-Klaussen, T., Koppenborg, M., & Klingsieck, K. B. (2020). How Study Environments Foster Academic Procrastination: Overview and Recommendations. Frontiers in Psychology, 11(November), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.540910

Wahyuningsih, P., Rahmawati, & Warih Handoyo, A. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Puput. Sistema Jurnal Pendidikan, 02(01). https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp

Widowati, A., Muhtar, & Jaryanto. (2021). Hubungan antara self-esteem dengan prokrastinasi akademik siswa Jurusan Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Surakarta. Jurnal “Tata Arta” UNS, 7(2), 105–117. https://doi.org/Prefix 10.20961

Wiyono, H., & Ellisiya, E. (2024). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ) : Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 12(1), 138–145. https://doi.org/prefix 10.26714

Zendrato, Y., & Harefa, H. O. N. (2020). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–148. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.21

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Tsabita, Z., & Dewi, D. K. (2025). Hubungan antara Adiksi Game Online dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMK X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(02), 663–675. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n02.p663-675
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.